Thursday , 15 November 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / 450 Unit Rumah Di Tulungagung Akan Dibedah Tahun Ini

450 Unit Rumah Di Tulungagung Akan Dibedah Tahun Ini

Direktur Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Hardi Simamora (kedua dari kanan) di Tulungagung Jawa Timur

Direktur Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Hardi Simamora (kedua dari kanan) di Tulungagung Jawa Timur

BERITA PROPERTI-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan pada tahun 2016 akan melakukan bedah rumah sebanyak 450 rumah warga di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Adanya bedah rumah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas rumah masyarakat sehingga layak untuk dihuni.

“Pada tahun 2016 ini Kementerian PUPR akan mengalokasikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah sejumlah 450 unit rumah yang tersebar di sembilan desa di Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur,” ujar Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Hardi Simamora dalam keterangan tertulisnya.

Hardi menjelaskan, kegiatan penyaluran BSPS di Kabupaten Tulungagung telah dilaksanakan oleh pemerintah sejak tahun 2010 lalu. Dari data yang ada, setidaknya selama lima tahun terakhir mulai tahun 2010 sampai dengan 2015 telah disalurkan bantuan sebanyak 2.599 unit rumah atau 3,24 persen dari total keseluruhan di Jawa Timur dengan anggaran sebesar Rp 28,425 Milyar yang tersebar di beberapa desa. “Untuk Provinsi Jawa Timur dari data yang kami miliki sejak tahun 2010 sampai 2015 telah terbangun 80.014 unit dengan total anggaran sebesar Rp 605,68 Milyar,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo menurutkan, Pemerintah kabupaten Tulungagung sangat mendukung upaya penyediaan rumah layak huni bagi MBR agar dapat menempati rumah tinggal yang layak huni, aman, sehat dan nyaman. Oleh karena itu, program BSPS yang telah berjalan selama ini sangat selaras dengan RPJMD Kabupaten Tulungagung tahun 2014 – 2018 yaitu pengentasan dan penanggulangan kemiskinan secara merata.

“Saya berharap kepada seluruh calon penerima bantuan dan pelaksana program BSPS untuk benar-benar memperhatikan agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi penyimpangan. Para Camat dan Kepala Desa juga harus aktif dengan turun ke lapangan untuk  memantau pelaksanaan program ini,” tandasnya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*