Friday , 20 September 2019
Home / Indeks Berita / 50 Unit RISHA Dibangun Bagi MBR Di Mauk

50 Unit RISHA Dibangun Bagi MBR Di Mauk

Bangunan RISHA Di Mauk, Kabupaten Tangerang
Bangunan RISHA Di Mauk, Kabupaten Tangerang

BERITA PROPERTI-Kebutuhan hunian yang layak di kabupaten Tangerang masih tinggi. Hal ini mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 50 rumah bagi warga miskin di Kecamatan Mauk dengan menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana (RISHA).

Melalui Direktorat Rumah Khusus Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, RISHA dibangun bagi Masyarakat di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Diharapkan dengan bantuan ini bisa mengurangi kebutuhan rumah yang layak di kabupaten Tangerang.

“Dalam pembangunan rumah untuk warga di Kecamatan Mauk, Tangerang ini kami akan memanfaatkan teknologi RISHA yang dikembangkan oleh Puslitbangkim Balitbang Kementerian PUPR. Secara teknis spesifikasi RISHA telah memenuhi standar SNI dan dari segi biaya lebih murah dan proses pelaksanaan lebih mudah dan cepat,” ujar Direktur Rumah Khusus Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Lukman Hakim dalam siaran persnya.

RISHA merupakan model rumah yang dikembangkan oleh  Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Badan Penelitian dan Pengembangan (Puslitbangkim Balitbang) Kementerian PUPR yang penerapannya sudah dilakukan semenjak tahun 2002 lalu dan proses pembangunannya lebih mudah cepat.

“Teknologi RISHA diharapkan juga dapat mempercepat proses pembangunan  rumah sehingga dapat mendorong terwujudnya Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah. Prioritas pemerintah juga untuk mengurangi backlog kebutuhan rumah tinggal bagi kepala keluarga,” kata Lukman.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, mengucapan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR atas bantuan perumahan yang diberikan untuk masyarakatnya. Adanya pembangunan rumah dengan teknologi RISHA dari diharapkan dapat menjadi sebuah kebanggaan sekaligus motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk mengalokasikan APBD ke depan melalui program perumahan di daerahnya.

Check Also

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sah, Anggaran PUPR Di 2020 Sebesar Rp 120,21 T, Khusus Perumahan Rp 8,48 T

EKONOMI – Alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam RAPBN TA 2020 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 163

Pesan Sekarang!
close-link