Sunday , 20 August 2017
Home » Nasional » Ekonomi » 651 Peserta Ikuti Lomba Desain 2014

651 Peserta Ikuti Lomba Desain 2014

Majalah Housing Estate dan Kota Baru Parahyangan, perumahan menengah atas seluas 1.250 ha yang dikembangkan PT Belaputra Intiland di Padalarang Barat, Bandung Barat-Jawa Barat menyelenggarakan Lomba Desain Rumah 2014. Tema yang diusung dalam lomba kali ini adalah Rumah Tepi Danau dan Rumah Tempo Dulu.

Kedua tipe rumah yang dijadikan tema lomba tersebut berlokasi di kawasan perumahan Kota Baru Parahyangan (KBP). Rumah Tepi Danau dengan tapak di kaveling melereng (down slope) di tatar atau klaster Kumalasinta, dan landai (flat) di tatar Titiswari, keduanya dengan panorama ke arah danau (lake view). Sedangkan Rumah Tempo Dulu dengan tapak di kaveling mendatar di Koridor Bandoeng Tempo Doeloe di jalan utama perumahan yang mengusung spirit bangunan rumah di kota Bandung era kolonial.

“Kota Baru Parahyangan merupakan kota mandiri yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan tingkat sosial. Oleh karena itu, kami memerlukan masukan dan input dari berbagai kalangan masyarakat, salah satunya adalah desain rumah. Hal inilah yang mendorong kami dari Kota Baru Parahyangan menggelar Lomba Desain Rumah yang bekerjasama dengan Housing Estate,” jelas Raymond Hadipranoto, Marketing Manager Kota Baru Parahyangan.

Salah satu juri Lomba Desain Rumah 2014 dan juga redaktur majalah HousingEstate, Halimatussadiyah ST menjelaskan, lomba ini diikuti oleh 651 pendaftar yang terdiri atas 398 mahasiswa mencakup 37 karya dan 254 arsitek profesional mencakup 82 karya. Selain peserta individual, tak kurang banyaknya peserta berkelompok (satu karya dikerjakan kelompok berisi 2–3 orang).

“Tujuan lomba mencari gagasan kreatif dan inovatif tentang rancang bangun rumah tinggal sesuai konteks lingkungan dan tema yang diusung Kota Baru Parahyangan yang berwawasan pendidikan, sejarah, dan budaya. Rancangan rumah harus memenuhi kriteria sehat, nyaman, aman dan dapat dikembangkan secara massal sebagai sebuah permukiman, selain memenuhi nilai estetika yang layak jual,” ujar Halimatussadiyah ST.

Untuk Kategori Profesional, pemenang lomba adalah Basuki Firmanto, Fenty Anggreta dan Basuki Firmanto, serta Sianne Juliana dan        Lucky Prasetyo. Sementara untuk Kategori Mahasiswa, pemenangnya adalah Nikita Stephanie Marisca dan Gavin Adi Sugiri, Steve Aditya Soesanto, Teguh Risnandar Utama, dan Lucky Fachrurrozi serta Estevantra Sunandirjaya, Wendy Setia Herdian dan Yeriel Johan.

Pemenang 1 – 3 kategori profesional mendapat tropi, sertifikat, dan hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp35 juta, Rp20 juta, dan Rp10 juta. Sedangkan pemenang 1 – 3 kategori mahasiswa mendapat tropi, sertifikat, dan hadiah uang tunai masing-masing Rp17,5 juta, Rp10 juta, dan Rp7,5 juta. Sementara 10 karya terbaik akan dimuat secara berseri di majalah HousingEstate mulai edisi Desember 2014 atau Januari 2015. Pengembang Kota Baru Parahyangan sebagai sponsor utama “Lomba Desain HousingEstate 2014” berhak memilih dan menggunakan semua hasil karya pemenang.

foto merek favoritPada saat yang sama, majalah HousingEstate juga memberikan penghargaan bagi Bahan Bangunan Favorit Pengembang 2014. Trophy penghargaan diberikan kepada masing-masing, antara lain Kategori Cat : Mowilex (PT Mowilex Indonesia) untuk perumahan menengah atas, Vinilex (PT Nipsea Paint and Chemicals/Nippont Paint) untuk perumahan menengah. Kategori Pelapis Lantai dan Dinding : Keramik Roman (PT Satyaraya Keramindoindah/PT Roman Ceramic International) untuk perumahan menengah atas, Keramik Milan (PT Saranagriya Lestari Keramik) untuk perumahan menengah, Indogress (PT Asri Pancawarna) untuk homogeneous tile.

Kategori Penutup Atap, Genteng beton Cisangkan (PT Cisangkan) untuk perumahan menengah atas, Genteng beton CP (PT Cengkareng Permai) untuk perumahan menengah, Genteng keramik Kanmuri (Lyman Group) untuk genteng keramik. Kategori Rangka Atap : Rangka atap baja ringan Alsun (PT Alsun Suksesindo), Kategori Sanitari

Toto (PT Surya Toto Indonesia) untuk perumahan menengah atas. Kategori Plafon Gipsum : Boral Jayaboard (PT Petrojaya Boral Plasterboard) untuk perumahan menengah atas.

Kategori Kusen Non-Kayu : YKK (PT YKK AP Indonesia) untuk perumahan menengah atas, Alexindo (PT Alexindo) untuk perumahan menengah. Kategori Semen : Tiga Roda (PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk) untuk semen Portland, MU (PT Cipta Mortar Utama) untuk semen instan. Kategori Khusus :        PT BlueScope Lysaght sebagai pelopor penggunaan rangka atap baja ringan dan pemasok utama bahan baku rangka baja ringan.

Share artikel ini dengan teman