Adhi Karya Kembangkan LRT City Di Sentul | Property & Bank
Thursday , 14 December 2017
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Adhi Karya Kembangkan LRT City Di Sentul

Adhi Karya Kembangkan LRT City Di Sentul

GM Transit Oriented Development & Hotel PT AdhiKarya (Persero) Tbk Amrozi Hamidi menjelaskan maket LRT City di kawasan Sentul, Bogor

GM Transit Oriented Development & Hotel PT AdhiKarya (Persero) Tbk Amrozi Hamidi menjelaskan maket LRT City di kawasan Sentul, Bogor

BERITA PROPERTI – Sejumlah proyek properti boleh saja mengklaim berada dekat dengan fasilitas transportasi modern Light Rail Transit (LRT) yang saat ini sedang dibangun pemerintah. Namun, proyek yang satu ini bukan hanya dekat tapi berada dalam kawasan stasiun LRT, 0 kilometer dari rencana stasiun LRT Sentul.

Proyek LRT City tersebut merupakan kawasan terpadu di lahan seluas 14,8 ha di Sentul, Bogor. Dikembangkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, melalui Departemen Transit  Oriented Development (TOD) & Hotel, LRT City mengusung konsep Transit Oriented Development  dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak.

LRT City, mengadopsi tata ruang campuran dan terpadu (mixed   use), maksimalisasi penggunaan angkutan masal seperti LRT dan BRT yang dilengkapi dengan jaringan pejalan  kaki atau sepeda. Kehadiran proyek ini diharapkan mampu memberikan solusi kepada masyarakat yang terkoneksi langsung dengan LRT Jabodebek.

GM Transit Oriented Development & Hotel PT AdhiKarya (Persero) Tbk Amrozi Hamidi, mengatakan, pihaknya melakukan perencanaan dengan pendekatan pengembangan berbasis transportasi atau Transit Oriented Development (TOD) yang sudah menjadi kebutuhan bagi kota Megapolitan seperti Jakarta. 

“Kawasan hunian dan komersial terpadu yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal (LRT, BRT dll) ini, akan menjadi solusi atas kehidupan masyarakat Jakarta yang semakin hari semakin terjebak dalam kemacetan. Kedepannya, akan ada 21 kawasan yang akan kami kembangkan,” ujar Amrozi kepada sejumlah media di lokasi proyek LRT, Kamis (19/4) kemarin.

Dijelaskan Amrozi, layaknya sebuah kota megapolitan, Jakarta memerlukan konsep kawasan Transit Oriented  Development (TOD) sebagai solusi kemacetan tersebut. Kawasan berbasis TOD diharapkan dapat menguntungkan masyarakat baik untuk hunian maupun komersial yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal.

LRT City yang saat ini sedang dikembangkan adalah Royal Sentul Park yang berada dekat dengan Exit Tol Sentul Sirkuit, Jalan Tol Jagorawi. Dengan investasi sebesarRp 6,761 T, Departemen TOD dan Hotel PT AdhiKarya (Persero) Tbk mengembangkan kawasan yang dibangun satu kawasan dengan stasiun LRT Sentul Sirkuit. Targetnya, serah terima akan dilakukan pada tahun 2020 untuk pembangunan tahap 1

Project Manager Royal Sentul Park Nanang  Safrudin  Salim menjelaskan, Royal Sentul Park dikembangkan dengan konsep green smart living yang terintegrasi dan terkoneksi langsung dengan stasiun LRT. Pengembangan kawasan ini terdiri dari 12 tower apartemen, shopping mall, ruko, office tower, plaza/ landscape, family leisure park, pedestrian and bicycle track, dan culinary street.

“Saat ini, kawasan Royal Sentul Park tengah dalam proses pembangunan untuk Ruko (kawasan Komersial)  dan persiapan pembangunan untuk Apartemen Tower 1A. Untuk tower ini, akan dibangun di lahan seluas 2,5 ha, dengan total unit sebanyak 1.637. Apartemen ini dipasarkan dalam beberapa tipe, mulai Studio, 1 BR dan 2BR dengan harga saat ini mulai dari Rp 360 juta. Pada penjualan perdana tahun lalu dipasarkan seharga Rp 299 juta,” ujar Nanang.

Selain di Sentul, kawasan LRT City yang sedang dikembangkan Adhi Karya saat ini adalah 16,9 ha di Eastern Green Bekasi, 5 ha di Gateway Park Jaticempaka, 0,4 ha di The Boutique Bekasi Barat, 1,2 ha di Cikoko of LRT City, serta 11,5 ha di Ciracas of LRT City. 

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*