Sunday , 15 September 2019
Home / Sekitar Kita / Al-Azhar Ketuk Hati di Satu Hati

Al-Azhar Ketuk Hati di Satu Hati

Di awal tahun 2014, musibah silih berganti menerjang bangsa Indonesia. Seperti banjir, tanah longsor,  dan erupsi di beberapa daerah di tanah air. Kondisi alam inilah yang memaksa masyarakat berdesak-desak di posko-posko pengunsian, berjuang melawan ketidaknyamanan untuk mempertahankan hidup, sambil menunggu bantuan yang akan diberikan.
FORMULA (food, religion, medic, livelihood aid) merupakan unit program Al Azhar Peduli Ummat (APU) yang khusus dalam penanganan bencana, aktif melakukan tanggap bencana erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan gunung Kelud, Jawa Timur, serta banjir yang meluas di Jakarta, Jawa dan sekitarnya. Termasuk banjir banding yang menerjang Manado Sulawesi Utara.
Sebegitu besar bencana yang menimpa, ini membuat jalan panjang untuk penanganan tahap pasca bencana sampai pemulihan kondisi terdampak bencana. Setelah melalui Mitimigasi atau pengurangan dampak buruk bencana,  kesiap siagaan dan penanganan darurat, masih ada tindakan selanjutnya yaitu pemulihan (recorvery)serta pencegahan.
Recovery Indonesia ‘Satu Hati untuk Indonesia’ adalah acara charity  yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Azhar bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan Pusat Komunikasi Ekonomi  Syariah (PKES)  dan didukung oleh Al Azhar Peduli Umat (APU) serta Gerakan Ekonomi Syariah (GRESS), mengajak mitra corporate untuk bersama menggalang dana kemanusiaan guna membantu dan menjalankan program recovery.
Acara dengan tema Recovery Indonesia ‘Satu Hati untuk Indonesia’, yang berlansung di Aula Arifin Panigoro Gedung Universitas Islam Al Azhar Lantai 3, pada Rabu (25/02/2014) ini dihadiri oleh Prof.Dr. Din Syamsuddin, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H,  dan menampilkan budayawan Taufik Ismail. Dalam kesempatan ini juga diserahkan donasi secara simbolis sebesar Rp 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah),  dari WARDAH Cosmetic dan satu unit mobil logistic dari CIMB Niaga  Syariah kepada Al Azhar Peduli Umat.
Direktur Al-Azhar Peduli Umat, Harry Rachmad, mengatakan, kegiatan untuk membantu para pengungsi bukan saat bencana saja, tetapi pasca terjadinya bencana. Pihaknya menggerakan tim relawan mulai dari banjir Jakarta, Letusnya Sinabung, Banjir Sulawesi Utara, sampai dengan membantu korban Gunung Kelud.”Untuk uluran tangan Satu Hati untuk Indonesia kami tidak mempunyai target. Semakin banyak malah semakin bagus,” ujarnya.

Check Also

Salurkan Qurban ke 100 Masjid di Jakarta, Bank DKI Juga Punya Tabungan Qurban

SEKITAR KITA – Memanfaatkan momentum Idul Adha 1440 H, Bank DKI menunjukkan kepedulian sosial kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 163

Pesan Sekarang!
close-link