Thursday , 24 August 2017
Home » Breaking News » APERSI Gandeng Verena Biayai Pembebasan Lahan

APERSI Gandeng Verena Biayai Pembebasan Lahan

Diskusi Kupas Tuntas Pembiayaan Properti yang diselenggarakan oleh DPD APERSI DKI Jakarta

Diskusi Kupas Tuntas Pembiayaan Properti yang diselenggarakan oleh DPD APERSI DKI Jakarta

BERITA PROPERTI-Dalam membangun properti, pengembang kerap terkendala saat pembebasan lahan. Hal ini tentu sangat menghambat rencana pengembangan yang akan dilakukan, terlebih bagi para pengembang di Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) yang mayoritas anggotanya membangun rumah sederhana.

Selama ini, dalam membebaskan lahan, para pengembang mendapatkan dukungan pendanaan dari perbankan, salah satunya Bank BTN. Namun, sejak 2000 lalu perbankan sudah tidak menerima lagi bantuan pembiayaan pembebasan lahan. Pasalnya, banyak kredit macet dan peruntukan yang tidak sesuai seperti lahan yang bukan untuk dikembangkan atau hanya disimpan secara pribadi.

Dalam diskusi Kupas Tuntas Pembiayaan Properti yang diselenggarakan oleh DPD APERSI DKI Jakarta, Kamis (3/2) kemarin, sebuah lembaga pembiayaan menyanggupi untuk membantu pengembang dalam pembebasan lahan. Adalah Verena Multi Finance yang memberikan solusi pembiayaan bagi pengembang dalam membangun properti.

Verena Multi Finance merupakan lembaga pembiayaan milik PaninBank sebagai pemegang saham utama. Perusahaan ini sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode VRNA. Untuk properti, Verena dapat membiayai pengembang sebelum masuk persyaratan Bank guna mendapatkan kredit konstruksi dengan peruntukan pelunasan lahan, pengurusan perizinan, pembangunan fasos fasum dan konstruksi infrastruktur.

“Adanya lembaga pembiayaan seperti Verena ini sangat membantu pengembang dalam melakukan pembebasan lahan. Mereka bisa memberikan pendanaan hingga Rp 20 miliar. Saat ini, sejumlah anggota kami (APERSI, red) sudah ada yang melakukan kerjasama dengan Verena dan dalam waktu dekat akan terus bertambah,” ujar DPD APERSI DKI Jakarta Ari Tri Priyono.

Ditambahkan Ari, sejak Januari 2017 lalu sudah ada 10 pengembang yang menggunakan jasa Verena. Menurutnya, meski beban bunga yang diberikan masih cukup tinggi atau 18% dengan jaminan 1,5 kali lipat dari pinjaman dalam jangka waktu setahun, tapi kemudahan seperti ini yang sedang dicari pengembang.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*