Wednesday , 28 June 2017
Home » Indeks Berita » Apresiasi Industri Properti, BTN Siapkan Awards

Apresiasi Industri Properti, BTN Siapkan Awards

IMG_0331BERITA PROPERTI – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan Indonesia Property Watch (IPW) akan memberikan penghargaan kepada para pelaku bisnis properti di Tanah Air pada ajang BTN Golden Property Awards (BTN GPA) 2017.

Pemberian award yang akan diadakan pada bulan Agustus mendatang merupakan apresiasi kinerja positif bagi para pelaku bisnis di sektor properti sekaligus memacu optimisme industri ini. Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, sebagai bank integrator Program Sejuta Rumah, perseroan tak hanya berkontribusi di sisi demand, tapi juga di sisi supply.

Di sisi demand, Bank BTN mengupayakan peningkatan permintaan melalui penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR). Menurutnya, Bank BTN juga berupaya mendorong sisi supply industri properti lewat pendirian pusat riset dan informasi yakni Housing Finance Center (HFC). Tujuannya, yakni untuk menciptakan developer andal dan iklim bisnis properti yang positif serta berkelanjutan.

Selain itu, award ini akan meningkatkan kontribusi BTN dalam mengembangkan dan meningkatkan industri properti nasional. Pasalnya, pasar perumahan masih mengalami tekanan pada tahun lalu. Riset IPW menunjukkan, tekanan muncul pada kuartal II/2016 di mana ada penurunan pergerakan pasar perumahan sebesar 13,3% (quartal-to-quartal/qtq) atau turun 49,8% (year-on-year/yoy). Namun, memasuki kuartal III/2016, tren kenaikan mulai terlihat dari jumlah unit terjual.

Data IPW menunjukkan unit terjual tercatat naik 11,8% secara qtq pada kuartal III/2016 dan 12,5% pada kuartal IV/2016. Dengan beberapa koreksi, seperti pelonggaran aturan loan to value (LTV) dari Bank Indonesia, pemangkasan perizinan, pemotongan PPh final, suku bunga KPR yang cenderung menurun, amnesti pajak, dan disertai pembangunan infrastruktur akan membuat bisnis properti kembali positif.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*