Saturday , 19 August 2017
Home » Infrastruktur » APUFY dan APUF 6 Jadi Agenda Pertama Hari Habitat III

APUFY dan APUF 6 Jadi Agenda Pertama Hari Habitat III

Hari Habitat IIIINFRASTRUKTUR-Agenda Asia-Pacific Urban Youth Assembly (APUF-Y) dan Asia Pacific Urban Forum ke-6 (APUF-6) menjadi event pendahulu dalam Regional Meeting for Habitat III (HLRM) yang akan digelar pada bulan Oktober 2015. APUF-Y dan APUF-6 dilaksanakan bekerjasama dengan UN-ESCAP yang berkedudukan di Bangkok, sedang acara HLRM sendiri diselenggarakan bersama antara Pemerintah Indonesia dengan Sekretariat Habitat III yang berkedudukan New York.

APUF-Y akan diselenggarakan pada tanggal 17-18 Oktober yang akan datang, dan APUF-6 diselenggarakan pada tanggal 19-21 Oktober 2015. APUF-Y, APUF-6 dan puncak penyelenggaraan HLRM, akan dilaksanakan pada pertemuan tingkat tinggi lanjutan PrepCom III untuk wilayah Asia Pasifik di Surabaya pada bulan Juli 2016.

Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR Dwityo A Soeranto mengatakan, APUF-6 adalah forum multistakeholderdi bidang pembangunan perkotaan yang dilaksanakan secara periodik setiap 4-5 tahun oleh UNESCAP yang ditujukan untuk memberikan landasan kewilayahan bagi para pemangku kepentingan dan pelaku pembangunan perkotaan terutama untuk mendiskusikan isu pembangunan perkotaan yang muncul dan penting dari prespektif berbagai stakeholder.

“APUF-6 diharapkan menjadi wadah berbagi pengalaman mengenai praktik-praktik terbaik dan pendekatannya, yang mampu memberikan peluang kerjasama dan jaringan kemitraan dalam proses global dan regional dan perumusan tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Dwityo A Soeranto yang juga berperan sebagai ketua penyelenggara.

Dwityo menambahkan, sampai tahun 2015, APUF belum melibatkan para generasi muda perkotaan sebagai bagian dari stakeholder. Asia-Pacific Urban Youth Assembly (APUF-Y) di Jakarta akan menjadi model baru partisipasi pemuda untuk agenda perkotaan di kawasan Asia Pasifik, yang didasarkan pada keberhasilan Urban Youth Assembly (Sidang Perkotaan Pemuda dunia) yang diadakan selama World Urban Forum sejak tahun 2004.

HLRM atau Habitat III merupakan agenda dari PBB yang akan membahas mengenai keberlanjutan pembangunan perkotaan untuk dua puluh tahun mendatang yang akan dituangkan dalam New Urban Agenda. Konferensi Habitat III akan dilaksanakan di Quito, pada bulan Oktober 2016. Wilayah Asia Pasific, sebagai area dengan pertumbuhan kota yang pesat, memiliki peran yang strategis untuk mencapai kesepakatan New Urban Agenda. Indonesia mengambil peran sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asia-Pacific High-level Regional Meeting for Habitat III (HLRM) tersebut yang akan dihadiri oleh sekitar 60 negara.

Acara yang akan digelar di Fairmont Convention Center, Jakarta pada tanggal 21-22 Oktober 2015 ini diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan didukung oleh UN-ESCAP dan UN-Habitat. Tema yang diangkat pada HLRM ini adalah Sustainable Urban Development in Asia Pacific: Towards a New Urban Agenda.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*