AYDA 2016, Apresiasi Bagi Arsitek Muda Indonesia | Property & Bank
Saturday , 16 December 2017
Home / Bahan Bangunan / AYDA 2016, Apresiasi Bagi Arsitek Muda Indonesia

AYDA 2016, Apresiasi Bagi Arsitek Muda Indonesia

Para arsitek muda yang menang dalam AYDA 2016

Para arsitek muda yang menang dalam AYDA 2016

INSPIRASI – Nippon Paint menggelar kompetisi desain bertajuk Asia Young Designer Award (AYDA) 2016 yang merupakan ajang bagi  arsitek dan desainer interior muda Indonesia. Sebelumnya, ajang ini dikenal dengan Nippon Paint Young Designer Award (NPYDA) yang digelar pada tahun 2012 silam. Selain berkompetisi, peserta juga diberikan pendampingan, pembinaan dan pengembangan kreativitas melalui mentoring, serta membuka jaringan profesional agar dapat berkarya dan berinovasi tanpa batas.

CEO Nippon Paint Indonesia Jon Tan menjelaskan, AYDA ini tidak hanya sekedar memberikan pengalaman berkompetisi saja, namun juga sebagai wadah untuk mengapresiasi bakat dan karya, serta memberikan pendampingan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan berinovasi dalam dunia profesionalisme yang lebih tinggi lagi.

Melalui AYDA, lanjut Jon Tan, tahun ini pihaknya ingin mengajak para generasi muda berbakat di Indonesia untuk berani menerima tantangan, menghadirkan konsep inovatif yang siap berkolaborasi, bersaing dan diakui dalam skala nasional maupun internasional, sesuai dengan tema tahun ini Be Bold, Be Free, Be You.

“AYDA merupakan wadah kompetisi yang diwujudkan sebagai bentuk komitmen sekaligus apresiasi Nippon Paint kepada arsitek dan desainer interior muda Indonesia. Melalui kompetisi ini, para peserta dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai industri sesungguhnya yang akan mereka jelajahi nanti,” ujar Jon Tan dalam keterangan tertulis.

AYDA tahap nasional tahun ini diikuti oleh lebih dari 600 karya (non-duplicate entries) dari 9 universitas di Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan dengan melihat peran industri kreatif yang semakin dibutuhkan di tengah meningkatnya pertumbuhan di berbagai sektor industri properti, baik di dalam maupun luar negeri.

Dikatakan Jon Tan, masyarakat industri dan konsumen membutuhkan desain bangunan dan ruang yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Kemampuan untuk mengubah desain bangunan biasa menjadi desain fenomenal dengan tetap memperhatikan nilai fungsi dan estetika lingkungan menjadi tantangan tersendiri yang perlu dihadapi di era ini.

Pemenang dan mereka yang meraih Gold Award pada kompetisi tahap nasional ini, nantinya akan mewakili Indonesia untuk bersaing di ajang kompetisi tingkat regional Asia Young Designer Award untuk memperebutkan Platinum Award. Kompetisi regional ini akan dilaksanakan di Yogyakarta pada Maret 2017 dan akan diikuti oleh 15 negara di Asia, seperti Jepang, China, Hong Kong, Taiwan, India, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Vietnam, Papua Nugini, termasuk Indonesia.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*