Sunday , 18 November 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / AYDA 2017, Nippon Paint Gandeng BEKRAF

AYDA 2017, Nippon Paint Gandeng BEKRAF

CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Mr. Jon Tan, (tengah) bersama Gold Winner dan para Juri AYDA 2017

BERITA PROPERTI – Asia Young Designer Award (AYDA), yang merupakan kompetisi arsitektur dan desain interior terbesar di Asia, kembali digelar. Setelah melalui tahap pengumpulan karya yang dimulai sejakApril 2017 lalu dan ditutup pada 4 September 2017, maka pada Grand Final AYDA 2017 yang diselenggarakan pada 19 Januari 2018 di Hermitage Hotel Jakarta, terpilihlah TOP 6 finalis Arsitektur dan Desain Interior.

CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, Jon Tan mengatakan, layaknya industri fashion, industri arsitektur dan desain interior juga menjadi industri yang dituntut untuk dapat bergerak cepat mengisi segala perubahan yang terjadi di masyarakat dan lingkungan. Industri ini menuntut adanya karya penciptaan dan inovasi, serta berkembang seiring dengan tren dan perubahan.

“Oleh karena itu, setiap tahunnya kami selalu memberikan warna baru pada kompetisi ini melalui tema yang berbeda, jangkauan partisipan yang lebih luas,dan partner yang lebih banyak untuk dilibatkan. Dengan begitu, dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih luas lagi kepada para mahasiswa yang merupakan calon pelaku industri arsitektur dan desain interior di Indonesia, sehingga mereka dapat bergerak maju dalam meningkatkan geliat industri ini di masa depan,”  jelas Jon Tan dalam keterangan tertulis.

Tahun 2017, menjadi tahun pertama Nippon Paint menggandeng pihak Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dalam rangka memberikan nilai dan manfaat yang lebih besar dari kompetisi ini. BEKRAF sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang berperan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, tentunya dapat memberikan bimbingan dan energi positif tersendiri pada industri arsitektur dan desain interior, khususnya bagi para mahasiswa Indonesia yang berkarya pada kompetisi ini.

Selama 10 tahun kompetisi AYDA telah diselenggarakan Nippon Paint dalam rangka menemukan bibit baru yang berpotensi, guna mendorong perkembangan industri arsitektur dan desain interior di berbagai negara di Asia.Tahun demi tahun, penyelenggaraan kompetisi ini semakin berkembang dengan bertambahnya negara peserta yang saat ini telah mencapai 15 negara. Di Indonesia sendiri, AYDA telah dimulai dan sukses diselenggarakan sejak 2012.

Melalui AYDA, Nippon Paint berharap dapat menjadi bagian dari peta perjalanan BEKRAF dalam mengembangkan potensi industri arsitektur dan desain interior di Indonesia. Dukungan yang diberikan BEKRAF pada kompetisi ini pun diharapkan dapat memunculkan gairah para mahasiswa selaku calon arsitektur dan desainer interior masa depan Indonesia, untuk dapat menapakkan kakinya dan menunjukkan keberaniannya dalam berkarya pada skala nasional hinggai nternasional.

“Kami berharap AYDA dapat menjadi medium bagi para peserta untuk berani mendobrak dan berkomit menmengembangkan dan memperlihatkan ide-ide kreatif mereka, sehingga kelak dapat membantu mengembangkan keahlian dan karir mereka, serta dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan daya kompetisi Indonesia pada sektor kreatif ini,” tegas Jon Tan.

Para finalis AYDA, sebagaimana AYDA sebelumnya, berkesempatan kerja praktek di perusahaan arsitektur dan desain interior terkemuka, baik di dalam maupun di luar negeri, seperti Airmas Asri, ETHO Space, Gunasland, Intiland, Sante Fe Interior Architecture, Urban+, dan perusahaan ternama lainnya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*