Thursday , 17 August 2017
Home » Indeks Berita » Bangun Perumahan Tetap Jaga Lingkungan

Bangun Perumahan Tetap Jaga Lingkungan

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti (tengah) saat menghadiri acara launching Gerakan Jaga Bhumi

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti (tengah) saat menghadiri acara launching Gerakan Jaga Bhumi

BERITA PROPERTI – Menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggungjawab semua lapisan masyarakat, termasuk juga didalamnya para pelaku properti yang membangun kawasan perumahan. Oleh karena itu, dalam melakukan pembangunan perumahan, kelestarian lingkungan harus tetap dijaga dan diperhatikan.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti saat menghadiri acara launching Gerakan Jaga Bhumi (GJB) yang diselenggarakan oleh Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) di Ciganjur, Jakarta Selatan (24/5) lalu. Menurutnya, pembangunan perumahan memerlukan lahan yang harus digunakan secara efisien.

“Jangan sampai lahan untuk pembangunan perumahan diadakan dengan cara mengalihkan fungsi lahan pertanian atau hutan. Selain itu pembangunan perumahan perlu memperhatikan kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka hijau publik,” tegas Lana yang disampaikan dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Dikatakan Lana, dalam menjaga bumi dapat dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan 3R, yaitu Reduce (mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, Reuse (menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun lainnya), dan Recycle (mengolah kembali /daur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat), serta memelihara pohon dan tanaman di lingkungan di sekitar.

Jaga Bhumi merupakan gerakan yang bertujuan untuk mengembalikan kejayaan alam Indonesia. Di tahun ini, Gerakan Jaga Bhumi difokuskan untuk melakukan edukasi dalam rangka menumbuhkan kepedulian akan pentingnya peran tumbuhan dalam kehidupan dan mengenalkan kebun raya sebagai sarana yang ideal untuk penyelamatan plasma nutfah Indonesia dan perkembangan citra kebun raya di Indonesia.

Sedangkan Plasma nuftah adalah substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikro-organisme yang  biasanya merupakan bibit unggul. Selain itu, plasma nutfah merupakan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*