Wednesday , 26 June 2019
Home / Keuangan & Perbankan / Bank BTN Siapkan KPR Untuk TKI

Bank BTN Siapkan KPR Untuk TKI

gedung btnPROPERTI-Bank BTN kembali melakukan terobosan dengan membuka kran KPR untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk memiliki rumah di Indonesia. Dengan dukungan fasilitas KPR yang disiapkan khusus untuk para TKI itu, maka terbuka peluang uang mengalir di dalam negeri. TKI sebagai sumber devisa negara akan membelanjakan uangnya di dalam negeri.

“Peluangnya sangat besar untuk para TKI ini membeli rumah dengan fasilitas KPR. Bukan TKI saja, tetapi calon TKI dan keluarga para TKI pun dapat memanfaatkan fasilitas KPR untuk pembelian atau renovasi rumah dengan jaminan penghasilan para TKI tersebut,” ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono menjelaskan saat kunjungan kerja ke Seoul, Korea Selatan Sabtu 29 Agustus 2015.

Maryono mengatakan, respon positif dari para TKI tersebut akan ditindaklanjuti untuk membuat program yang sama bagi para TKI di negara lainnya. Mereka sebagai pahlawan devisa dengan program punya rumah melalui fasilitas KPR sangat dipastikan uang mengalir di dalam negeri. Sekaligus mengharapkan pasar para TKI ini dapat mendukung program satu juta rumah.

“Kami mempunyai target sekitar 10.000 unit untuk tahun pertama program satu juta rumah dapat diserap oleh para TKI tersebut. Dan khusus untuk para TKI di Seoul kami telah menyiapkan anggaran untuk mendukung fasilitas KPR bagi 5.000 TKI,” jelas Maryono yang menyempatkan diri berdialog dengan para TKI yang bekerja di Seoul, Korea Selatan.

Sementara itu Kepala Badan Nasional Penanganan dan Penempatan TKI (BNP2TKI) Nusron Wahid mengatakan, pemberian bantuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) didasari oleh motivasi TKI yang bekerja untuk memiliki rumah sendiri. Untuk mempermudah cita-cita TKI tersebut, BNP2TKI menggandeng Bank BTN yang memiliki spesialisasi dan spesifikasi pembiayaan perumahan.

“Disamping itu kebetulan pemerintah mempunyai program yang namanya sejuta rumah, dimana bank yang ditunjuk untuk menjadi implementator akan membuat program sejuta rumah itu BTN. Nah karena itu kami menggandeng BTN untuk mensukseskan pelayanan kredit perumahan kepada TKI,” ujar Nusron di Kedutaan Besar RI, Seoul, Korea.

Setelah Seoul, secara berturut-turut BTN akan memberikan fasilitas KPR kepada TKI yang bekerja di Hongkong, Taiwan, Jepang dan Singapura. Dengan program ini diharapkan TKI dapat mewujudkan rumah idaman dari hasil kerja kerasnya di negara tetangga.

Maryono menambahkan  program 5.000 rumah rumah untuk TKI ada yang memiliki kategori subsidi dan non subsidi. Menurut dia, untuk KPR bersubsidi BTN memberikan beban bunga sebesa 5% dengan uang muka 1% dari harga rumah. Untuk plafon subsidi BTN memberikan harga rumah landed maksimal sebesar Rp120 juta. Sedangkan rumah apartemen atau rusunawa maksimal sebesar Rp350 juta dengan cicilan bunga tetap sebesar 5%.

Masa cicilan KPR menurutnya tetap diberlakukan maksimal selama 20 tahun. Persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan rumah KPR tersebut hanya berupa surat kontrak kerja TKI yang mayoritas berlaku selama lima tahun. Bila dalam masa cicilan KPR kontrak kerja berakhir, maka TKI diberikan kesempatan untuk memperpanjang kontrak. Proses pendaftaran KPR hingga mendapatkan persetujuan prinsip menurut Maryono hanya membutuhkan waktu dua hari.

Bank BTN tetap konsisten terhadap core business-nya dalam bidang pembiayaan perumahan. Kinerja Perseroan semester  I 2015 masih menunjukkan konsistensi Bank BTN pada bisnis utamanya tersebut.  Ini dapat dilihat dari porsi pembiayaan pada kredit perumahan masih mendominasi dengan komposisi 89,52% atau sebesar Rp112,903 Triliun dari total kredit yang disalurkan Perseroan selama semester I 2015 sebesar Rp126,125 Triliun. Sementara sisanya yang sebesar 10,48% atau sebesar Rp.13,223 Triliun disalurkan untuk pembiayaan kredit non perumahan.

Check Also

Permintaan Kios Masih Tinggi, Moizland Bangun MTC Tanah Abang

Prosesi ground breaking MTC Tanah Abang yang dikembangkan oleh Moizland Development BERITA PROPERTI – Perusahaan …

6 comments

  1. selamat malam,,saya tkw di hk,,apabila saya hendak mengajukan kpr btn,,syarat apa saja yg di perlukan dan di manakah saya bisa mengajukan kpr tsbt di hong kong ini

    terimakasih

  2. Salam ,sy Eima tki di Malaysia ,kalau sy ingin membeli rumah dengan fasilitas KPR bagaimana caranya,,sy Masih bekerja d Malaysia

  3. Salam
    Saya lis TKW di singapura. Saya ingin punya rumah melalui kredit dari BTN. Mohon panduan nya.

  4. TKI di Taiwan untuk ambil KPR BTN bagaiman caranya

  5. Saya suni setyani. Tkw Singapore Berminat membeli rumah kprdaerah jakarta dan sekitarnya mohon solusinya terima kasih

  6. Saya suni setyani sangat berharap bisa membeli rumah bersusidi jakarta dan skitarnya..adakah kpr untuk tkw singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 160

Pesan Sekarang!
close-link