Thursday , 17 August 2017
Home » Apa Kabar » Berburu Hunian Jangkung ke Barat Ibukota

Berburu Hunian Jangkung ke Barat Ibukota

Cover Majalah Property&Bank Edisi Mei 2017

Cover Majalah Property&Bank Edisi Mei 2017

APA KABAR – Pembaca yang tercinta, apa kabar Anda semua? Berbahagia sekali kembali bisa menjumpai Anda melalui edisi ini di ruang bacanya. Harapan dan doa kami, semoga diri, keluarga, kesehatan dan bisnis Anda kian berkembang seiring  makin kondusifnya iklim investasi saat ini.

Edisi ini, sengaja redaksi mengulas soal maraknya pengembangan hunian jangkung di wilayah Barat Ibukota, Tangerang sampai Banten. Kian mahalnya harga tanah dan hunian di Jakarta, membuat terjadi pergeseran investasi dan tempat tinggal ke kawasan sub urban seperti Bekasi, Depok, Cibubur, dan Tangerang.

Yang paling menarik adalah wilayah Tangerang. Dari sisi keunggulan akses, Tangerang kalah dengan Depok, Cibubur dan Bekasi yang didukung sarana angkutan masal seperti LRT dan MRT. Tangerang baru dihubungkan oleh jalan tol. Wilayah ini hanya diuntungkan oleh magnet utama sebagai lokasi Bandara Internasional, Soeta. Namun, dari sisi kenaikan harga tanah dan pengembangan hujian jangkung, Tangerang justru leading. Menurut data Research & Advisory Cushman & Wakefield,  sedikitnya ada 35 proyek apartemen dengan total hampir 60 ribu unit  kini menyerbu Tangerang. Terbesar di kelas menengah.

Di awal tahun 2016, Coldwell Banker pernah memaparkan tentang pertumbuhan wilayah penyangga Ibukota Jakarta di sektor properti. Tangerang, yang termasuk dalam kategori emerging city alias kota berkembang bersamaan dengan kota satelit lainnya, seperti Bogor, Depok dan Bekasi, memiliki lima karakteristik kesamaan yakni kinerja ekonomi dalam kota yang berubah secara signifikan dalam 5-10 tahun terakhir.

Harga tanah di wilayah Tangerang seperti Serpong, memang sudah cukup tinggi. Sudah berada di kisaran Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per m². Tak heran jika harga hunian landed turut melangit. Akhirnya hunian jangkung pun jadi pilihan.

Jika Anda tertarik berburu apartemen di Tangerang, sejumlah tips untung wajib diketahui. Jika tidak, investasi Anda hanya akan jadi tumpukan semen. Cari lokasi dan proyek apartemen di Tangerang yang masih perawan, artinya harga jualnya masih masuk akal. Kalau sudah terlalu tinggi, mendingan belanja di Jakata atau lokasi lain yang prospek. Biasanya pengembang belum berani mematok harga terlalu tinggi.

Survey langsung ke lokasi juga wajib dilakukan. Apakah lokasi apartemen yang ditawarkan memiliki basis ekonomi dan strategis. Namun, yang paling penting Anda lakukan adalah mengetahui dengan pasti profil pengembang yang tengah menawarkan unit apartemen tersebut. Tidak sedikit proyek mangkrak tida bisa dilanjutkan setelah dijual kepada masyarakat, diketahui dikembangkan oleh pengembang baru yang minim pengalaman mengembangkan proyek apartemen.

Pastikan semua perijinan proyek apartemen tersebut sudah dikantongi. Seberapapun bagus lokasi proyek yang ditawarkan, jika berada dilokasi terlarang untuk dibangun, anda berisiko membeli disitu. Jangan sungkan dan takut bertanya soal perijinan setelah Anda membedah profil pengembang yang menawarkan proyek apartemennya. Kami ucapkan selamat berburu inverstasi hunian jangkung di Tangerang.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*