Thursday , 9 April 2020
Home / Bahan Bangunan / Bermanfaat Saat Bencana, Rolling Door Ini Harus Ada Di Bangunan Komersial

Bermanfaat Saat Bencana, Rolling Door Ini Harus Ada Di Bangunan Komersial

Rolling Door
Rolling door/shutter produksi Sanwamas di Casa Domain

BAHAN BANGUNAN – Setiap bangunan harus mementingkan keselamatan dan keamanan orang-orang yang yang berada didalamnya. Terlebih lagi jika bangunan tersebut berupa gedung komersial  seperti pusat belanja, pertokoan, supermarket ritel maupun grosir, dan ruko yang banyak didatangi oleh pengunjung saban harinya.

Begitu pentingnya memperhatikan keselamatan dan keamanan pengunjung maupun seluruh penyewa dalam bangunan, sehingga pemerintah telah menerbitkan peraturan khusus. Hal ini tertuang dalam Pedoman Teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20/PRT/M/2009.

BACA JUGA :   Okupansi Pasar Hotel Menurun, Apa Penyebabnya?

Senior Architect Anarta Kreasindo, Prasetyawan mengatakan, perancang bangunan memegang peranan sangat penting untuk mencegah kejadian tak terduga seperti kebakaran atau bencana lainnya. Arsitek, kata dia, mesti memperhatikan dengan jeli mengenai aspek-aspek apa saja yang menunjang keselamatan (safety) dari para tenant dan pembeli.

“Safety pada sebuah bangunan adalah bagaimana bangunan mampu menjadi sarana penyelamatan pada saat terjadi kondisi bahaya seperti kebakaran bangunan. Sehingga, diperlukan sistem fire safety, seperti pedeteksi asap atau panas, alarm gedung, hingga kompartemen dan pemilihan material penutupnya,” ujar Prasetyawan dalam keterengan tertulis.

Lebih lanjut dijelaskan Prasetyawan, dalam hal keselamatan di sebuah bangunan, pintu menjadi elemen yang penting dan mudah dijadikan sebagai sarana menyelamatkan diri saat bencana mengancam. Maka dari itu, dirinya memberikan syarat agar pintu tersebut mudah dibuka dan dilewati dengan bukaan yang cukup lebar sehingga pengunjung di bangunan tersebut dapat keluar secara bersamaan.

BACA JUGA :   4.411 unit RTLH di Banten, Direnovasi Melalui Program Bedah Rumah

“Salah satu pilihan pintu yang tepat dan mudah digunkan dalam konsisi darurat adalah rolling door atau shutter. Selain pintu yang mudah dioperasikan, setiap bangunan kompleks yang luasan area fungsional lebih dari 5000 meter persegi juga harus disediakan area fire compartment yang dilengkapi dengan automatic fire shutter,” imbuh Prasetyawan.

Dilain pihak, Brand & Marcom Manager PT Sanwamas Metal Industry, Rini Dewi Anggraeni menjelaskan, untuk produk pintu yang direkomendasikan tersebut, pihaknya memiliki kategori produk rolling door atau shutter bernama Fire Shutter. Rolling door ini, jelas dia, memiliki ketahanan terhadap api.

“Produk Sanwamas ini telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan terhadap api hingga dua jam, sehingga dalam rentang waktu tersebut dapat membantu proses evakuasi.  Sudah banyak area komersial seperti mal, juga area bangunan transportasi publik seperti stasiun MRT dan LRT menggunakan produk kami,” jelas Rini.

BACA JUGA :   Kejar Target Produksi, Sika Indonesia Resmikan Pabrik Ke Tiga Di Cibitung Bekasi

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan bahwa Sanwamas sebagai industri manufaktur rolling door atau rolling shutter di bawah naungan Sanwa Holdings Corporation asal Jepang dan Rodamas Group dari Indonesia, senantiasa berinovasi dan membuat produk yang dapat memenuhi kebutuhan standar keselamatan bangunan.

Sanwamas adalah bagian dari perusahaan global no. 1 di Jepang dalam industri rolling door dan dengan dukungan teknologi asal Jepang, Amerika, dan Eropa yang telah teruji dan terbukti kualitasnya di dunia. Perusahaan ini, dikenal sebagai produsen rolling door atau shutter yang berpengalaman selama 23 tahun di Indonesia,

“Sanwamas mengusung tiga prinsip penting dalam rolling door atau shutter, yakni safety, memiliki sistem teknologi yang mengatur agar tidak membahayakan penggunanya; security yang memberikan keamanan bagi pengguna; juga kemudahan dalam rolling door atau convenience,” pungkas Rini.

Check Also

Sejumlah Rusunawa Boleh Digunakan Untuk Perawatan Pasien Covid-19

BERITA PROPERTI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengizinkan pemanfaatan sejumlah rumah susun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 169

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link