Thursday , 18 July 2019
Home / Nasional / Ekonomi / BII Laksanakan CSR Bagi Masyarakat Lereng Merapi

BII Laksanakan CSR Bagi Masyarakat Lereng Merapi

Salah satu bank swasta yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BNII) dan aktif di sektor Perbankan Bisnis, Ritel dan Global, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menggelar program corporate social responsibility (CSR) “BII Berbagi” dengan melaksanakan program “Pengembangan Biogas bagi Kesejahteraan Masyarakat Lereng Merapi”.

23bii1.jpgPencanangan program tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Komisaris BII & Chairman Grup Maybank Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin, dengan didampingi Direktur BII Jenny Wiriyanto, beserta Camat Dukun Drs. Sukamtono dan Koordinator SESAMI (Sedya Samahita Memetri Indonesia) Gunawan Julianto di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, hari ini, 16 Oktober 2014.

Dalam program “Pengembangan Biogas bagi Kesejahteraan Masyarakat Lereng Merapi”, BII telah mendukung revitalisasi 15 reaktor biogas (biodigester), yang rusak akibat erupsi Merapi pada 2010, dimana sumber energi sudah dapat dimanfaatkan oleh 240 warga di sembilan dusun di lereng Merapi. Disamping itu, melalui program ini, BII juga akan mendukung pembangunan 10 biodigester baru, yang nantinya dapat dimanfaatkan sekitar 150 warga dusun di tujuh dusun di lereng Merapi.

“Revitalisasi dan pembangunan biodigester merupakan bagian dari kepedulian kami untuk mendukung kesejahteraan komunitas di lereng Merapi melalui proyek energi ramah lingkungan. Pemanfaatan kotoran ternak yang berlimpah di daerah ini dapat menjadi solusi energi alternatif yang efektif, sekaligus mendukung kemandirian energi bagi komunitas setempat. Yang tak kalah penting, inisiatif ini juga menjadi bagian dari peran serta aktif komunitas setempat dalam mengurangi dampak pemanasan global karena komunitas tidak lagi tergantung pada penggunaan kayu bakar dan ranting-ranting pohon,” jelas Tan Sri.

Tan Sri menambahkan, “Program ‘Pengembangan Biogas bagi Kesejahteraan Masyarakat di Lereng Merapi’ selaras dengan misi perusahaan, Humanizing Financial Services, untuk selalu berada di tengah komunitas, melalui pelaksanaan CSR “BII Berbagi” yang fokus pada upaya kepedulian lingkungan.”

Sebelumnya melalui Program Rehabilitasi Merapi, bank dengan 425 kantor cabang (termasuk cabang Syariah dan luar negeri) ini melakukan pembangunan dan revitalisasi infrastruktur air bersih di 10 dusun di Muntilan dimana air bersih dapat dimanfaatkan lebih dari 1.800 warga.   Pada saat yang sama, BII juga memberikan dukungan peralatan pendukung produksi pertanian terdiri dari traktor, mesin penggilling jagung, mesin perontok padi, mesin pencacah rumput, dan pompa air serta melakukan penanaman 10.000 pohon, menandai program pelestarian lingkungan di kawasan lereng Merapi.

Check Also

Permintaan Segmen Menengah Bawah Meningkat, Saham Properti Membaik

EKONOMI – Sektor properti dinilai memiliki prospek yang cerah di sisa tahun 2019. Selain karena …

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 161

Pesan Sekarang!
close-link