Thursday , 29 June 2017
Home » Apa Kabar » Budiarsa : Man Property of The Year 2016

Budiarsa : Man Property of The Year 2016

Cover Property&Bank Edisi 132, November 2016

Cover Property&Bank Edisi 132, November 2016

APA KABAR – Kembali kita bersua dalam ruang baca Anda. Semoga segala hiruk pikuk politik dan sosial yang berkembang, tidak mempengaruhi perjalanan bisnis dan aktifitas Anda, keluarga serta perusahaan.

Pembaca, edisi kali ini redaksi sengaja menurunkan cover story Budiarsa Sastrawinata. Perjalanan bisnis menantu begawan properti, Ciputra ini sangat panjang. Pria santun murah senyum ini sangat beruntung bisa menimba ilmu dan pengalaman tak bernilai dari guru sekaligus bosnya Ir.Ciputra. Sejumlah proyek besar berskala kota dalam kelompok Ciputra, pernah disentuhnya.  Termasuk proyek BSD City yang kini mampu menjadi trend setter dan mempengaruhi perkembangan kawasan Serpong yang dulunya hanya kawasan hutan karet tak punya harapan. Tidak hanya dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Budiarsa adalah figur penting yang diminta Pak Ciputra untuk mengawali proyek Kota Mandiri BSD. Banyak strategi mujarab yang dilakukannya guna meramaikan kawasannya. Meski dari sisi bisnis, Kota Baru BSD sudah beralih kepemilikan ke tangan Sinar Mas Land, Budiarsalah yang awalnya mendorong  Kota baru BSD agar mampu menunjang kehidupannya sendiri dan berperan sebagai pusat pengembangan wilayah sekitarnya. Setelah BSD City sukses mengembangkan diri,  Serpong menjadi rebutan pengembang lain dan membuat nilai ekonomis lahan di kawasan ini melejit pesat. Untuk membuat proyek barunya “bernafas”, Budiarsa mengundang Mc Donald dan sejumlah big tenant lainnya untuk membuka outlet dengan berbagai strategi.

Tidak hanya itu, untuk menaikkan gengsi proyek ini, pria ini bolak balik memburu juara dunia golf 18 kali dunia (world major championship) sekaligus pendesain lapangan golf terbaik, Jack William Nicklaus. Meski awalnya sempat ditolak dan diragukan, Budiarsa bergeming dan akhirnya berhasil menggandeng Jack W.Nicklaus untuk mendesain lapangan golf di BSD City yang kini menjadi salah satu tempat merumput yang disukai para pegolfer.

Strategi Budiarsa dan timnya memang terbukti ini mampu membuat Kota Baru BSD lebih cepat hidup. BSD Cuty mampu menjadi daya tarik bagi penduduk karena juga banyak membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar kawasan. “Pak Ciputra memberikan proses pembelajaran yang besar buat kami,  dan saat ini terserap menjadi modal besar dalam menahkodai PT Ciputra Residence (Holding I Ciputra Group).

Modal besar pengalaman dari beberapa proyek kota baru seperti Citra Garden, Bintaro Jaya dan Kota Baru BSD inilah yang membuat Budiarsa terus sukses menjalankan proyeknya. Sejumlah proyek dibawah grup yang ditanganinya mulai dari CitraGrand City Palembang, CitraRaya City Jambi, CitraGarden BMW Cilegon, CitraGarden Aneka Pontianak, CitraLake Sawangan, CitraGarden City Malang, CitraLake Suite dan Citra Towers kemayoran. Belum lagi proyek kota baru di luar negeri Hanoi (Vietnam), Phnom Penh (Kamboja), dan Shenyang (China). Budiarsa sukses meyakinkan pemerintah negara Vietnam bahwa ia dan perusahaannya komit mengembangkan properti di sana meski krisis mendera. 

Budiarsa bergabung dengan begawan properti Ciputra Tahun 1981 ketika kembali ke Indonesia. Kebetulan Pak Ci baru saja mengibarkan bendera baru Citra Habitat Indonesia setelah sebelumnya banyak bersinergi dengan kolega-koleganya. Perusahaan keluarga ini mengembangkan proyek pertamanya di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat dan dikenal dengan nama CitraGarden City. Disinilah Budiarsa menempa pengalaman bisnis propertinya.

Budiarsa memiliki fakta pengusaha besar yang tidak hanya santun dan rendah hati. Tapi terbukti ia juga pelobi ulung dan pekerja lapangan yang ulet.  Beberapa kali diminta untuk menjadi cover story Majalah Property&Bank, dengan santun ia menolak belum memiliki prestasi yang dibanggakan. Jika kali ini kami berhasil merayunya, jelas ini adalah sebuah keberentungan yang sangat kami syukuri. Itu salah satu sebab, pada perhelatan Indonesia Property&Bank Award ke-11 Tahun 2016 lalu, Budiarsa dinobatkan sebagai Man Property of The Year 2016 versi Majalah Property&Bank. Dedikasi dan pengalaman serta karya nyata Budiarsa memang layak memberikan inspirasi banyak orang. 

Indra Utama
Pemimpin Redaksi

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*