Monday , 17 December 2018
Breaking News
Home / Bahan Bangunan / Catat ! Mulai Hari Ini Hingga 6 Mei Indobuildtech Expo 2018 Dibuka

Catat ! Mulai Hari Ini Hingga 6 Mei Indobuildtech Expo 2018 Dibuka

Prosesi peresmian Indobuildtech Expo 2018 di ICE BSD City

BAHAN BANGUNAN – Pameran material dan teknologi bangunan Indobuildtech Expo 2018, hari ini Rabu (2/5) secara resmi mulai dibuka untuk pengunjung. Pameran skala internasional yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City dan berlangsung hingga hari Minggu (6/5) itu, pembukaannya diresmikan oleh pejabat dari Departemen Perdagangan dan Kementerian PUPR.

Indobuildtech Expo 2018 yang mengangkat tema “Sustainable Urban Development” ini, merupakan event yang ke 16 kalinya dengan isu utama mendorong percepatan pembangunan perkotaan berkelanjutan. PT Debindo-ITE sebagai pihak penyelenggara, dalam menggelar pameran ini didukung oleh 30 asosiasi industri dan profesi serta layanan bisnis perbankan modern CIMB Niaga.

Dengan berbagai dukungan yang diberikan oleh sejumlah asosiasi dan perbankan itu, Indobuildtech diharapkan menjadi sebuah platform bisnis dan marketplace bagi para pebisnis dan pelanggan aneka ragam produk bahan bangunan dan interior. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan dampak positif bagi pertumbuhan sektor konstruksi nasional.

Direktur Utama Debindo-ITE, Effi Setiabudi dalam sambutannya mengatakan, Indobuildtech 2018 datang di saat yang tepat dengan momentum percepatan pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur dan properti. Pembangunan kota berkelanjutan sudah menjadi keharusan bagi setiap bangsa di dunia dalam upaya memberikan solusi bagi kebutuhan pemukiman dan lingkungan sosial ekonomi, beserta seluruh aspek kehidupannya.

“Indobuildtech mempertemukan para pelaku pasar seperti kontraktor, profesional, konsultan, perencana dan pelaksana proyek dapat secara langsung berinteraksi dengan pabrikan penyedia aneka ragam produk material dan teknologi bangunan untuk membangun kemitraan dan kerjasama sehingga berkontribusi pada  pembangunan kota berkelanjutan,” jelas Effi.

Lebih lanjut dikatakan Effi, pada Indobuildtech Expo 2018 terdapat diorama yang merupakan inovasi dari pameran tersebut. Diorama menyajikan media visual komprehensif dan informasi grafis yang mewakili beberapa aspek dari pentingnya sebuah pembangunan berkelanjutan serta data terkini tentang kondisi perkotaan saat ini. Selain itu, terdapat pula testimoni dari para ahli, praktisi, profesional dan akademisi mengenai konsep tema tersebut.

Indobuildtech 2018 sangat prospektif dan strategis bagi seluruh pengunjung dengan hadirnya lebih dari 500 perusahaan dari dalam dan luar negeri yang mempersembahkan produk dan brand terkemuka serta menampilkan tren teknologi yang semakin ramah lingkungan. Selain itu, selama 5 hari pameran juga digelar Business Program yang terdiri dari aneka forum, presentasi dan diskusi yang dapat diikuti oleh para pengunjung Indobuildtech Expo 2018.

Business Program tersebut antara lain berupa kegiatan Seminar Urban Sustainability on Transit Oriented Development oleh IABHI (Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia), Sustainable Housing Development oleh POKJA PKP (Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman) dan Indobuildtech Architect Forum oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Banten serta masih banyak lagi.

Selain itu, Seminar Urban Sustainability on Transit Oriented Development juga akan diadakan pada Kamis, 3 Mei 2018 yang mengulas mengenai Transit-Oriented Development (TOD) yang menjadi salah satu upaya untuk memaksimalkan akses transportasi massa dengan area publik. Di adakan oleh asosiasi pendukung, IABHI, seminar ini menghadirkan narasumber Gubernur Provinsi DKI Jakarta – Anies Baswedan, Walikota Tangerang Selatan – Airin Rachmi Diany, Direktur MRT Jakarta – William Sabandar dan Ahli Perancangan Transit Perkotaan – Iwan Prijanto.

Diskusi lainnya yang membahas tentang perkotaan adalah Sustainable Housing Development yang diagendakan pada Rabu, 2 Mei 2018, menghadirkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai narasumber utama. Dalam diskusi ini akan dibahas kolaborasi antara Kementrian PUPR dan developer serta penyedia bahan bangunan untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*