Tuesday , 11 December 2018
Breaking News
Home / Breaking News / Ceria, Aplikasi Terbaru Bantu Pekerja Sektor Informal Dapatkan Rumah

Ceria, Aplikasi Terbaru Bantu Pekerja Sektor Informal Dapatkan Rumah

Komisaris PT. Ceria Indah Permata Eddy Ganefo mempresentasikan aplikasi Ceria kepada anggota APERSI

BERITA PROPERTI – Teknologi informasi berbasis internet yang sekarang terus berkembang, menjadi perangkat yang sangat membantu dan memberikan manfaat, termasuk bagi industri properti. Kemudahan yang disajikan oleh teknologi informasi ini, diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan, termasuk salah satunya terhadap hunian.

Untuk sektor perumahan, khususnya yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), masih muncul sejumlah masalah. Mereka yang tidak bankable atau nasabah yang memenuhi persyaratan dari bank, belum bisa terlayani dalam hal permohonan kredit pemilikan rumah (KPR). Padahal, mereka yang umumnya tergolong pekerja informal tersebut memiliki kemampuan dalam mencicil.

Menurut data, pada akhir tahun 2016 Indonesia memiliki prosentasi jumlah penduduk dengan berpenghasilan tidak tetap yang lebih besar yaitu 55% dibandingkan dengan yang memiliki penghasilan tetap yang berjumlah 45%. Dari angka 55% tersebut, rata-rata penghasilan tidak tetap berada diangka tiga juta perbulan sehingga sudah masuk dalam target rumah bersubsidi.

BACA JUGA :   Ciputra Residence Gelar HSE Awards 2016

“Melihat kondisi inilah, kami berinisiatif meluncurkan aplikasi dengan nama Ceria yang memberikan kemudahan bagi masyarakat pekerja informal untuk memenuhi kebutuhan memiliki hunian.  Masyarakat Indonesia dengan penghasilan tidak tetap berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas dengan melalui evaluasi aplikasi Ceria dengan mengevaluasi kemampuan warga Indonesia agar mendapatkan fasilitas KPR subsidi dengan cara menabung,” jelas Komisaris PT. Ceria Indah Permata Eddy Ganefo yang menggagas aplikasi Ceria.

Ceria menjadi aplikasi pertama yang memberikan fasilitas menabung bagi rakyat yang memiliki penghasilan tidak tetap. Ceria akan membuka kerjasama dengan beberapa calon rekan ternama di Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan rakyat untuk melakukan setoran dalam menabung dan secara langsung akan dapat dipantau melalui aplikasi.

“Rakyat Indonesia khususnya di kalangan umur calon pembeli rumah subsidi sudah sangat tidak asing dengan pengguna aplikasi melalui telepon genggam. Kami sepenuhnya mendukung Ceria dan kemampuannya tidak hanya untuk membuka jalan bagi rakyat, namun juga membuka peluang pasar kepada kategori perumahan bersubsidi di Indonesia,” ujar Eddy yang juga duduk sebagai Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI).

BACA JUGA :   Setahun Terbentuk, PI Telah Bangun 34 Ribu Unit

Eddy yang masih merahasiakan bank mana saja yang akan menjadi partner dalam program ini menyebutkan, sejumlah pengembang di Apersi sudah tertarik dan menyatakan dukungan terhadap aplikasi Ceria. Bahkan, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) 2018, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI), Ceria menandatangani perjanjian dengan APERSI sebagai salah satu mitra yang sepenuhnya diakui dan didukung untuk mendukung program pembangunan rumah subsidi.

“Metode yang akan diberikan oleh Ceria akan membuka banyak peluang, namun yang lebih utama lagi adalah keinginan kami untuk memberikan jalan bagi rakyat Indonesia untuk meraih impian mereka, yaitu sebuah rumah. Kami berharap, adanya Ceria semakin banyak lagi masyarakat yang merasa terbantukan, dan industri pun akan merasakan kontribusi kami,” ujar Direktur Utama Ceria Alvin Madradi.

Meski merupakan aplikasi yang masih baru, Alvin menargetkan dalam jangka pendek pengguna aplikasi ini bisa mencapai 25% dari total pekerja informal yang belum memiliki rumah. “Kedepan tentu akan terus bertambah, seiring dengan terusnya kami lakukan edukasi akan pentingnya aplikasi ini bagi mereka yang ingin memiliki hunian,” ujar Alvin yang sempat bergabung di aplikasi transportasi Gojek.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*