Sunday , 17 November 2019
Home / Indeks Berita / Cobain Deh, Empuk dan Lezatnya Empal Gentong Haji Apud Yang ‘Ngangenin’

Cobain Deh, Empuk dan Lezatnya Empal Gentong Haji Apud Yang ‘Ngangenin’

Empal Gentong Apud
Empal Gentong Haji Apud, makanan khas Cirebon yang melegenda

KULINER – Kota Cirebon sebagai kota wisata memiliki segudang destinasi kuliner yang tidak kalah menyenangkan dibandingkan dengan kota wisata lainnya. Banyak pilihan yang menggoda lidah di Kota yang dikenal sebagai kota udang ini.  Selain rasa yang lezat, sudah pasti harganya pun terbilang sangat terjangkau.

Kuliner di Kota Cirebon memang bervariasi. Di sepanjang jalan kota cirebon yang menuju kampung trusmi sebagai pusat belanja batik  dapat ditemui berbagai rumah makan khas Cirebon, salah satunya empal gentong.

Makanan yang terdiri dari daging empuk dan kuah khusus yang rasanya begitu gurih ini banyak digemari para wisatawan yang melanjong ke kota ini. Dari deretan penjual empal gentong, salah satu kedai yang cukup legendaris ialah Empal Asam dan Empal Gentong Haji Apud. Kiprahnya di dunia empal sudah eksis sejak 1995. Bahkan kedainya diklaim sebagai tempat kelahiran empal asam.

BACA JUGA :   Paramount Land Bangun Hutan Kota 469 Pohon

Empal Gentong Haji Apud menjadi salah satu rumah makan khas daerah Kota Cirebon yang paling menggugah selera makan, yang wajib disambangi, setelah menikmati keindahan pariwisata yang ada di kota Cirebon.

Haji Mahcfud memulai usahanya ini pada tahun 1995. Pria asli kelahiran cirebon ini,  memulai usahanya berjualan Empal Gentong, dengan membuka warung sederhana di depan rumahnya yang berada di tepi jalan Ir. H. Juanda Battembat Kab Cirebon.

“Memang pada awal memulai usaha warungan ini,  saya mengajak kerjasama penjual empal keliling langganannya. Karena saya sebenarnya tidak memuliki keahlian masak memasak. Saat itu harga per porsinya Rp. 1500,” kenang pria yang kerap disapa Haji Apud.

BACA JUGA :   Gandeng KOHLER, PropertyGuru Kembali Gelar Penghargaan Properti

Salah satu kunci racikan empal gentong yang enak ini,  adalah dimasak semua langsung ke dalam gentong dan menggunakan kayu bakar sebagai perapiannya. Biar enak, semua rempah dan daging dimasak dalam satu gentong. Rempahnya akan meresap sepanjang perebusan,

Dengan dimasak di dalam gentong yang terbuat dari tanah liat ini akan membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap. Untuk dagingnya sendiri,  menggunakan daging segar dan terbaik yang dihasilkan langsung dari tempat pemotongan sapi yang ada didaerah sekitar battembat Cirebon. Hasilnya keempukan daging sapi dalam setiap porsi empal gentong terasa sangat pas karena sudah dimasak sejak dini hari.

BACA JUGA :   Menteri Perdagangan Sidak Pasar Modern BSD City

Namun dalam dua tahun pertama berjalan, mitra kerjanya mengundurkan diri. Akhirnya, Haji Apud dengan bantuan istrinya memasak sendiri dan menemukan resep pas yang sampai saat ini menjadi idola kuliner Kota Cirebon. Dengan menu yang tidak begitu banyak, Empal Gentong Haji Apud memberikan rasa khas pas di lidah. Sejak itu empal gentong Haji Apud menjadi menu wajib untuk coba saat singgah di Kota Cirebon.

Berkat keuletan dan kesabarannya, bisnis empal H. Apud pun menuai sukses dengan memiliki 2 cabang yang beralamat di Jl. Tuparev no.43B Cirebon dan di Komplek Pasar Batik Trusmi Jl. Otista Plered, serta memiliki puluhan karyawan.

BACA JUGA :   Sepanjang 2015-2018, Sudah Dibangun 895 Unit Rusus di Provinsi Gorontalo

Menu yang ditawarkan pun beragam, selain empal gentong dengan bumbu rempahnya yang menggugah selera, ada juga empal asem bagi pecinta kesegaran dan bagi yang tidak menyukai atau menghindari santan. Selain itu sate kambing muda dan nasi lengko serta tahu gejrot pun tersedia disini, dengan kelejatan nya yang tidak akan terlupakan oleh lidah.

Harganya pun terbilang murah. Untuk satu mangkuk empal gentong ataupun asem harganya Rp 22 ribu, sedangkan sate kambing muda Rp 40 ribu dan nasi lengko Rp 15 ribu. “Saat ini juga tersedia empal dalam kaleng. Awet bisa sampe dua tahun,” kata dia.

BACA JUGA :   Mudahkan Agen Dalam Memasarkan Properti, ERA Indonesia Gandeng OLX

“Setiap hari bisa sampai 300-500 mangkuk. Di hari libur dan weekend bisa sampai 1.000 mangkuk lebih,” ujarnya. Ia juga dibantu oleh putrinya, Eroh Masruroh, yang mengatur seluruh rumah makan milik ayahnya. Bagi yang ingin menjajal bagaimana empuknya empal haji apud, bisa datang ke Kota Cirebon dan kunjungi kedai ini, dengan jam buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Check Also

Bank DKI Annual Report

Sukses Jalankan Keterbukaan Informasi, Bank DKI Raih Annual Report Awards

KINERJA BANK – Bank DKI berhasil meraih tempat kedua dalam Annual Report Award 2018 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 165

Klik Disini
Cover Majalah Property&Bank edisi 165
close-link
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI!
close-link