Sunday , 18 November 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / Destinasi Wisata Alam Dan Kuliner Yang Berbeda

Destinasi Wisata Alam Dan Kuliner Yang Berbeda

Suasana Floating Market Bandung yang ramai pengunjung

Suasana Floating Market Bandung yang ramai pengunjung

KULINER-Memiliki wisata air seluas 2 hektar membuat Floating Market memberikan sentuhan berbeda bagi para pecinta kuliner.

Walau matahari kian meninggi namun udara di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat masih terbilang dingin karena memang berada di ketinggian. Lembang yang merupakan bagian dari Bandung Barat dan berbatasan dengan Subang hingga kini merupakan daya tarik bagi para pelancong, untuk menghabiskan liburan. Seperti saatt week end atau pun libur nasional seperti libur Lebaran beberapa waktu lalu kawasan Lembang selalu disesaki wisatawan.

Salah satu destinasi wisata di Lembang adalah Floating Market. Konsepnya pasar terapung yang dikemas dengan sentuhan wisata air dan beberapa wahana lain memberikan daya tarik tersendiri karena keunikannya. Sehingga menjadi daya tarik karena konsepnya yang berbeda sehingga selalu ramai dikunjungi masyarakat, tak hanya warga Bandung dan Jakarta saja tapi juga kota lainnya.

Sebelumnya kita dapat menjumpai pasar terapung yang ada di Palembang, Kalimantan atau Thailand. Namun, bedanya pasar terapung di Floating Market Lembang ini tidak menjual sayuran, buah-buahan, atau kebutuhan pokok Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, sebagai kawasan wisata Floating Market Lembang  juga menyuguhkan berbagai jenis kuliner dan jajanan asli Jawa Barat dan Nusantara yang menggugah selera. Makanan western, seperti sosis dan lainnya pun tersedia. Di sini, aneka makanan khas seperti baso tahu, colenak, siomay, sorabi, duren bakar, lotek, karedok, ketan bakar, dan lainnya yang dijual di atas perahu-perahu yang ditata dengan rapi.

Beroperasi sejak akhir 2012, Floating Market Lembang memiliki luas 7 hektar yang di dalamnya ada danau seluas lebih kurang 2 hektar. Sebagai kawasan wisata, Floating Market Lembang menghadirkan sejumlah wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga seperti bermain sampan, perahu sepeda, miniatur kereta, taman kelinci.

Floating Market sebelumnya adalah kawasan yang tidak terawat dan akan berubah fungsi, Adrian Tristianto, Owner Floating Market tergerak untuk merubah wajah danau yang bernama Situ Umar tersebut tanpa merubah fungsi dasarnya sebagai area resapan. Situ Umar yang menjadi ikon di kawasan itu pun disulap dengan sentuhan kreativitas dan inovasi menjadi  kawasan. “Saya ingin mengembalikan fungsi danau Situ Umar seperti sediakala sebagai kawasan penghijauan,” imbuh Adrian.

Tak hanya itu, Floating Market juga memberdayakan para UKM di Bandung, khususnya UKM di sekitar Lembang. Saat ini tercatat ada sekitar 60-an UKM yang ikut bergabung di Floating Market, kebanyak dari mereka memiliki produk yang bagus tapi tidak bisa mengemasnya. Untuk itu Adrian yang memang konsen dengan pemberdayaan UKM pun kemudian melakukan berbagai pelatihan. “Kita mengajarkan bagaimana mengemas produk agar tampil menarik, hieginitas, dan soal pemasarannya,” tegas Adrian.

Dengan investasi mencapai Rp 30 miliar di luar nilai lahan, Floating Market tidak dilengkapi penginapan atau resort karena konsepnya tempat wisata.  Hal ini sengaja dilakukan karena pasokan kamar hotel di Lembang sudah cukup banyak. Manajen Floating Market terus fokus untuk semakin memanjakan pengunjung dengan melakukan berbagai inovasi melalui fasilitas.

Rencananya setelah  membangun Taman  Miniatur Kereta Api yang mendapat respon bagus dari pengunjung, dalam waktu dekat Pery akan menyediakan fasilitas swimming pool khusus hijabers dan miniatur bangunan-bangunan tua yang ada di Bandung. Untuk swimming pool khusus perempuan berhijab ini terlahir karena adanya kebutuhan yang  semakin besar. Targetnya, 6 bulan ke depan, kolam renang hijabers sudah tersedia. Sementara untuk miniatur bangunan-bangunan tua di Bandung, dalam 1 tahun ke depan sudah melengkapi Floating Market Lembang. (aan)

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*