Tuesday , 11 December 2018
Breaking News
Home / Nasional / Ekonomi / Ekonomi Tetap Positif, IHSG Diprediksi Masih Mendapatkan Tekanan

Ekonomi Tetap Positif, IHSG Diprediksi Masih Mendapatkan Tekanan

poto : antaranews.com

EKONOMI – Ditengah gejolak pasar yang terjadi pekan lalu, membuat pergerakan IHSG masih mengalami ketidakpastian karena adanya tekanan pasar eksternal dan CAD (Current Account Deficit) yang terus membengkak.

Menurut sumber dari laporan bisnis.com, dikuartal II CAD tercatat -3% terhadap PDB. Investor khawatir CAD masih akan berada pada level di atas 2% bahkan 3% karena melihat neraca perdagangan yang masih defisit di kuartal III tahun ini, serta dengan PDB mengalami perlambatan pertumbuhan.

Berdasarkan data tim analis Valbury Sekuritas yang menyatakan bahwa Current Account Deficit (CAD) triwulan III 2018 tercatat sebesar USD 8,8 miliar atau 3,37% terhadap PDB. Melebarnya CAD tersebut disebabkan oleh kebutuhan ekonomi yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA :   Bluescope Fokus Bidik Generasi Milenial

Seperti yang diketahui, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia memang saat ini terus terjaga di posisi 5%. Namun, disisi lain hal ini ternyata diikuti oleh impor yang juga terus meningkat. Sehingga membuat kondisi tersebut pun tidak luput dari perhatian pemerintah agar tetap mampu bertahan dengan pertumbuhan yang positif.

Dalam menyikapi CAD yang terus melebar, pemerintah akan mencari upaya keseimbangan antara defisit transaksi berjalan dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan kajian atau review setiap bulan untuk melihat tingkat kebutuhan Indonesia terhadap barang impor.

BACA JUGA :   Jakarta Property Week 2016 Tinggal Sehari Lagi

Adapun faktor lain yang menyebabkan hal ini terjadi yakni adannya keterangan dari Gedung Putih yang menyataka Presiden Trump diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Buenos Aires, Argentina, pada akhir November 2018. Trump mengatakan bahwa pertemuan dengan Xi dipercaya dapat mencapai kesepakatan terkait perang dagang antara AS-Tiongkok. Sentimen ini, bisa mengakibatkan terjadinya peluang tekanan bagi IHSG pada perdagangan saham dipekan ini

Untuk mengatasi persoalan ini pemerintah tengah merancang aturan baru dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) terkait Devisa Hasil Ekspor (DHE) Sumber Daya Alam (SDA). Pemerintah juga akan menerbitkan aturan yang mewajibkan eksportir mengkonversi DHE dalam bentuk mata uang asing menjadi rupiah. Kebijakan pemerintah tersebut diyakini dapat menekan dan menguragi defisit serta membawa dampak yang positif bagi rupiah kedepanya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*