Wednesday , 21 November 2018
Breaking News
Home / Properti / Enggartiasto : Asing Boleh Beli Di Zona Tertentu

Enggartiasto : Asing Boleh Beli Di Zona Tertentu

Enggartiasto Lukita, Ketua Kehormatan REI, (properti.kompas.com)

Enggartiasto Lukita, Ketua Kehormatan REI, (properti.kompas.com)

PROPERTI-Pemerintah harus secepatnya melaksanakan penataan zonasi tata ruang di seluruh wilayah Indonesia guna melindungi perumahan rakyat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Aturan ini akan memperjelas mana kawasan untuk perumahan, perkantoran dan juga pusat perbelanjaan.

Ketua Kehormatan REI Enggartiasto Lukita menjelaskan, zonasi untuk hunian harus jelas juga mana saja kawasan dengan harga tanah untuk hunian mewah, hunian menengah dan hunian sederhana. Dengan adanya pengaturan zonasi tersebut, maka harga tanah untuk perumahan sederaha akan terjaga dengan baik.

“Dengan adanya zonasi ini maka tidak akan ada kekhawatiran ketika orang asing membeli properti di Indonesia. Kepemilikan orang asing harus dibatasi hanya boleh membeli apartemen di zonasi hunian mewah atau komersial. Kita juga bisa membatasi jumlah maksimal yang bisa dibeli oleh orang asing,”jelas Enggar saat buka puasa bersama wartawan, di Graha Niaga 7 Juli 2015.

Menurut Enggar, kalau tidak ada aturan yang jelas tentang kepemilikan properti oleh orang asing, betul kondisi akan menjadi liar. Namun, jika negara hadir, kepentingan rakyat akan terlindungi dengan baik. Dengan aturan zonasi yang jelas, maka wilayah yang diperuntukan hanya untuk hunian sederhana terproteksi dengan baik.

“Orang asing jelas tidak boleh beli di zona hunian sederhana dan harga di zona ini diatur oleh pemerintah sehingga terhindar dari spekulasi. Dan jangan juga ragukan rasa nasionalisme pengembang. Lebih dari 80% anggota REI adalah pengembang rumah sedeerhana. REI dari dulu sudah berkiprah di perumahan rakyat,”tegas Enggar.  

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*