Sunday , 20 August 2017
Home » Figur » Enjoy Jalani Karir

Enjoy Jalani Karir

Sudah pastinya karir di bidang hubungan masyarakat (humas) akan menyita banyak waktu. Pasalnya profesi ini menuntut untuk berhubungan dengan banyak orang dalam memberikan informasi akan profil, image dan produk yang dipasarkan perusahaan. Hal inilah yang tengah dilakoni Ratri Hesti, Public Relation Supervisor PT Triputra Karya Agung
Hari-hari belakangan ini Ratri Hesti, Public Relation Supervisor PT Triputra tengah disibukkan dengan memberikan penjelasan akan pergantian operator hotel yang mengelola sebuah apartemen dan kondotel yang terletak di Cimahi, Bandung Jawa Barat. Pasalnya apartemen dan kondotel yang dibangun PT Triputra Karya Agung ini telah berganti operator dan nama baru. Bila sebelumnya apartemen dan kondotel tersebut menggunakan nama Golden Tulip Degreen Bandung, kini berganti menjadi Royal Tulip Degreen Bandung.
Tentu ini menjadi pekerjaan yang menyita banyak waktu bagi Ratri Hesti yang biasa di panggil Rara, untuk meyakinkan customer lama akan pergantian nama dan operator tersebut. Guna meyakinkan pergantian nama dan operator baru apartemen dan kondotel itu, Rara pun melakukan langkah dengan pendekatan-pendekatan pada customernya dengan mengundang customer untuk melakukan customer gathering.
Ini dilakukannya sebagai bentuk rasa terima kasih kepada customer karena sudah membeli atau berinvestasi di produk properti tersebut. Saat Gathering inilah dimanfaatkan Rara untuk memberitahukan akan adanya operator baru. “Ini saya lakukan supaya kita juga saling mengenal karena setelah beli kita belum sempet bikin acara lagi. Jadi ini suatu treatment untuk kita dalam memperlakukan customer. Dan juga kita ingin memperkenalkan produk baru dan operator baru,” tutur Rara.
Meski kegitan itu menyita banyak waktu, namun Rara tidak merasa terbebani dalam memberikan penjelasan akan pergantian nama dan operator tersebut. Justru Rara merasa itu sebuah tantangan dan resiko yang harus dilakukannya. Rara pun dengan enjoy menikmati kesibukannya itu. “Saya menikmati kesibukan ini karena ini bidang atau profesi yang menjadi pilihanku,” ujar Rara dengan senyumnya.
Rara mengungkapkan kalau profesi menjadi humas adalah keinginannya sejak masih sekolah. Namun sayangnya keinginannya untuk masuk bangku kuliah di komunikasi tak terwujud lantaran terlambat mendaftar. Tidak kesampaiannya masuk di jurusan komunikasi tak menghalangi niatnya menjadi humas, Rara pun memilih untuk masuk jurusan bahasa Inggris.
Dari ilmu bahasa Inggrisnya inilah justru menjadi jembatan bagi Rara untuk menapaki karir di bidang humas. Jauh sebelum menekuni bidang humas, Rara sempat menekuni karir di bidang komunikasi. Hal ini dibuktikan dengan menjadi penyiar radio di daerah yang tak jauh dari kampung halamanya. “Saya sempat karir jadi penyiar radio di daerah, ujar Rara yang kelahiran Magelang, Jawa Tengah.
Didorong keinginan mengembankan karir, Rara tinggalkan kampung halaman ke ibukota Jakarta. Di Jakarta, wanita lulusan Universitas Sanata Dharma, Jogjakarta ini  mulai mencoba bidang kehumasan. Alasan dipilihnya bidang ini lantaran ia suka berkomunikasi dan berhubungan dengan orang banyak.  
Menurutnya ada 2 hal yang menjadi tantangan dibidang PR, yang pertama PR bisa berhubungan dengan sale produk. Ini biasanya dilakukan setelah customer membeli produk, sudah pastinya after sale akan berhubungan dengan PR. PR yang harus membangun relasi dengan customer. Bagaimana mereka percaya dengan apa yg mereka beli dan nama baik perusahaan ini saya jaga, setelah itu jg keluar ke non custumer, karena dengan cerminan perusahaan yang baik saya harus menjaga image. “Jadi sebenarny sebagai seorang PR itu tugasny penting, karena tugas kami me-maintenance mereka dan juga membangun image yang baik. Sedangkan untuk non customer saya mesti menjalin hubungan dengaan media, ini juga penting.
Boleh jadi Rara kini tengah asyik menikmati karirnya di bidang kehumasan. Disinggung tentang bidang humas di sektor properti apa menariknya, ia pun dengan ringan menjawab “Sebenarnya sama saja yahh cuman beda produk atau sektor yang kita tekuni. Apalagi sektor properti sekarang tengah alami pertumbuhuan pesat, tentu ini tantangan buat saya untuk membangun image terhadap pengembang tempat saya kerja. Ya jalani ajalah karena ini bidang yang jadi cita-citaku,” pungkas Rara yang punya hobi nyanyi dan traveling.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*