Thursday , 18 July 2019
Home / Kolom / FANATIK FOKUS

FANATIK FOKUS

Drs. Handoko Wignjowargo, SE, MBA. Managing Partner MAESTRO Consulting, Coaching, Communicating, Public Speaker on People and Business Development.
Drs. Handoko Wignjowargo, SE, MBA.
Managing Partner MAESTRO
Consulting, Coaching, Communicating, Public Speaker on People and Business Development.

JEDA-Saya punya banyak pengalaman unik dengan Pak Ciputra. Salah satu yang saya tidak pernah lupa adalah ketika saya ditegur oleh Pak Ciputra di sebuah acara di depan banyak orang. Kejadiannya sekitar sepuluh tahun lalu, lokasinya di sebuah hotel bintang lima di kawasan Kuningan, dan saya baru sekitar setahunan keluar dari Ciputra Group.

Acara malam itu diadakan oleh sebuah bank besar. Kebetulan saya semeja dengan Pak Ciputra, bahkan duduk di sebelahnya. Acara belum mulai dan Pak Ciputra menegur saya soal apa yang didengarnya tentang saya setelah keluar yaitu:  “melakukakan pekerjaan untuk banyak industri dan tidak fokus kepada kompetensi yang saya miliki.”

Satu kalimat beliau yang membuat sejumlah orang yang mendengar tersenyum adalah, “Kalau kamu fokus kamu pasti akan bisa lebih dikenal dibanding X! (Pak Ciputra menyebut satu nama orang ternama di bidang properti)” Saya sempat kaget karena nama orang yang disebut tadi semeja juga dengan kami, entah beliau mendengar atau tidak.

Saya yang hapal dengan karakter Pak Ciputra hanya mendengarkan wejangan-wejangan beliau. Setelah saya mendapat kesempatan berbicara saya menjelaskan bahwa saya tetap fokus sesuai dengan wejangan beliau. Kalau dulu saya fokus dengan “Industri tertentu” maka sekarang saya fokus dengan “pengembangan bisnis dan sumberdaya manusia” meskipun di banyak industri. Pak Ciputra mengangguk-angguk.

Selama bekerja untuk Pak Ciputra mengelola beberapa anak perusahaan (antar lain Century 21 Indonesia) saya belajar meneladani dan menjalani bagaimana fokus bisa menghasilkan performance yang baik. Hampir dibilang seluruh waktu dan pikiran saya tuangkan untuk pengembangan Century 21. Hasilnya jumlah kantor Century 21 bertumbuh tiga kali lipat pada kurun waktu 2010-2013.

Pertumbuhan Ciputra Group yang demikian pesat menurut saya tidak lepas dari fanatisme para pemimpin di Group akan apa yang namanya Fokus. Group Ciputra secara terang benderang dapat dilihat orang sebagai Group yang sangat fokus pada industri properti.  Disadari atau tidak sadar pak Ciputra sudah menanamkan fanatik fokus tadi kepada orang-orangnya.

Kesempatan untuk berinteraksi intens dengan orang-orang di Group  Ciputra kembali saya alami dengan Ciputra Group Sub-holding Dua. Dimulai dengan saya menjadi pembicara di GM Gathering 2012 di Hotel Laguna Bali kemudian berlanjut ke sejumlah proyek: Citra Grand Cibubur, Citra Indah Jonggol, Citraland Palu, Citraland Kendari, dan Universitas Ciputra. Di setiap acara bukan hanya berbicara melainkan juga bereuni selain merasakan kembali kuatnya fokus ajaran Pak Ciputra.

Terima kasih Pak Ciputra, Maestro Properti Indonesia dan Mahaguru Fokus saya.

Check Also

Hunian Orang Asing : Hak Pakai setara dengan HGB?

OPINI – Setakat berbicara pada helat  Indonesia Property & Bank Award  (IPBA) 2016, Menteri ATR/Kepala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 161

Pesan Sekarang!
close-link