Tuesday , 11 December 2018
Breaking News
Home / Breaking News / FIABCI Global Business Summit 2018 : Membuka Peluang Investasi

FIABCI Global Business Summit 2018 : Membuka Peluang Investasi

Presiden Direktur PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata menjadi salah satu pembica dalam FIABCI Global Business Summit 2018

BERITA PROPERTI– Setelah melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) selama dua hari, tanggal 4 hingga 5 Desember 2018, DPP REI melanjutkan dengan gelaran FIABCI Global Business Summit 2018, mulai dari tanggal 6 hingga 8 Desember 2018 ditempat yang sama, The Westin Resort Nusa Dua Bali International Convention Center.

FIABCI merupakan Federasi Real Estat Dunia (The International Real Estate Federation. Pertemuan di Bali, Indonesia ini merupakan yang pertama kali digelar di luar Benua Eropa. Pesertanya adalah para pengembang yang berasal dari 72 negara yang diperkirakan mencapai 600 orang ditambah  1.000 anggota REI dari seluruh Indonesia. Para peserta terdiri dari pengembang, lembaga internasional, konsultan, dan perorangan.

BACA JUGA :   Di FIABCI Global Summit, Maryono Bilang BTN Dukung Penuh PSR

Tema FIABCI Global Business Summit 2018 ini adalah “Affordable Housing and International Tourism Development”.  Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata mengungkapkan FIABCI sebagai federasi realestat dunia harus peduli terhadap dua pertiga penduduk dunia yang masih miskin dan berpenghasilan rendah, dimana mayoritas masih tinggal di hunian yang tidak layak huni.

“Inilah yang menjadi alasan mengapa REI/FIABCI Indonesia menyodorkan topik mengenai perumahan rakyat yang terjangkau (affordable housing),” ungkap Eman, demikian Presiden FIABCI Asia Pasifik ini kepada wartawan, Kamis (6/12).

Ditambahkan, berangkat dari kepedulian terhadap 2/3 dari masyarakat dunia masih membutuhkan rumah layak huni, REI sejak dua tahun terakhir terus mengampanyekan tentang pentingnya perumahan terjangkau bagi negara dunia ketiga.

BACA JUGA :   Tauzia Hotel Jalin Kerjasama Hadirkan Fitur Baru

Uniknya, di berbagai negara yang pernah ditinjau, seluruh upaya penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah selalu disediakan oleh Pemerintah. Tetapi, menurut Eman, hanya di Indonesia, penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah juga dilakukan oleh sektor swasta.

Mengenai topik kedua yakni international tourism development, di FIABCI Global Business Summit nantinya akan membahas mengenai potensi pariwisata daerah di Indonesia. Diharapkan pengembang yang selama ini berminat mengembangkan properti pariwisata namun masih mengalami hambatan termasuk dari sisi finansial, dapat merealisasikan rencananya melalui ajang tersebut.

“Pengembang yang punya minat di sektor pariwisata tapi masih belum jalan, kami undang hadir di FIABCI Global Business Summit 2018 di Bali. Tentu kami akan lebih mengedepankan potensi-potensi daerah khususnya yang menjadi prioritas pemerintah,” papar Eman.

BACA JUGA :   REA Group Tingkatkan Kepemilikan Saham iProperty

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan ini melalui kesepakatan pada World Congress FIABCI ke-69 yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada April-Mei 2018.

FIABCI adalah Organisasi yang berdiri di Prancis 72 tahun lalu, dan menjadi organisasi pelaku bisnis properti tertua dan terbesar di dunia. Saat ini, FIABCI telah ada di seluruh belahan dunia dan memiliki jaringan di PBB hingga organisasi internasional lainnya.

Pada FIABCI Global Business Summit 2018 juga diadakan Investment Forum dan B to B Meeting. Ini merupakan suatu kegiatan yang desain untuk menawarkan kerjasama proyek properti dengan para investor yang hadir pada forum tersebut. Setidaknya ada 150 investor global potensial yang terkoneksi dengan forum bergengsi tersebut.

BACA JUGA :   Maxxis International Akan Hadir di Kota Deltamas

Menurut Eman, ada 56 proyek dari 17 pengembang anggota REI dengan total minimum investasi yang ditawarkan hingga Rp 68 triliun. Selain itu, diundang pula kelompok usaha dari tiga negara yaitu Hongkong, Korea, dan Jepang. Secara spirit, kata dia, pengusaha dari ketiga negara tersebut paling familiar dengan Indonesia.

FIABCI Global Business Summit 2018 dibuka secara resmi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang ditunjuk untuk mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang sedang ada kunjungan ke daerah lain.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*