Sunday , 18 November 2018
Breaking News
Home / Breaking News / Gading Serpong, Kawasan Terpenting Di Tangerang

Gading Serpong, Kawasan Terpenting Di Tangerang

Gading Serpong sudah menjadi new economic hub paling penting di Tangerang Raya

Gading Serpong sudah menjadi new economic hub paling penting di Tangerang Raya

BERITA PROPERTI-Kawasan Gading Serpong yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, merupakan daerah penyangga Jakarta yang paling potensial jika beberapa wilayah lainnya di Jabodetabek. Hal ini karena didukung sarana perkotaan yang lengkap, memiliki banyak akses jalan tol serta harga propertinya pun terus meningkat.

Sejumlah pengembang besar seperti Paramount Land, Summarecon, Lippo Karawaci, BSD City, Alam Sutera, dan Puri Indah menggarap proyek skala besar di kawasan Gading Serpong. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melihat strategis potensi bisnis di Gading Serpong sehingga kawasan ini sudah diakui sebagai salah satu pusat ekonomi baru (new economic hub) terpenting, tidak hanya di Tangerang Raya tetapi juga di kawasan Jabodetabek.

“Gading Serpong sudah menjadi new economic hub paling penting di Tangerang Raya, bahkan untuk Jabodetabek. Pemerintah daerah sangat beruntung karena kawasan ini infrastrukturnya banyak dibantu swasta terutama pengembang sehingga bisa menjadi seperti sekarang,” ungkap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, kepada propertynbank.com di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Zaki, berbagai infrastruktur yang dibangun pengembang swasta di Gading Serpong telah membantu membangun koneksi antar kawasan yang dahulunya tertutup. Kawasan Gading Serpong misalnya kini sudah terkoneksi dengan BSD City, Lippo Village, dan Alam Sutera. Zaki mengakui, hal ini turut mendorong perekonomian di Tangerang bertumbuh lebih cepat.

Dia menambahkan, pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan untuk pertumbuhan kawasan Gading Serpong terutama sebagai kota penunjang aktivitas bisnis, kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) Banten, Soelaeman Soemawinata, memprediksi Gading Serpong dan sekitarnya bakal menjadi daerah penyangga Jakarta terpenting karena didukung aktivitas pengembangan kota yang didominasi developer-developer besar seperti Paramount Land, Summarecon Serpong, BSD City dan Alam Sutera.

“Dalam dua tahun terakhir kawasan ini banyak dibangun berbagai proyek properti tidak hanya residensial, namun juga komersial. Dan kondisi itu masih akan berlangsung dalam beberapa tahun mendatang,” ujar Soelaeman.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Permukiman dan Perumahan Seluruh Indonesia (Apersi), Eddy Ganefo, berpendapat yang sama. Menurut dia, kawasan Serpong terlebih Gading Serpong merupakan salah satu wilayah di Provinsi Banten yang sangat strategis disamping fasilitas perkotaan yang sudah lengkap dibanding kawasan lain di provinsi tersebut.

Selain itu pertumbuhan hunian juga sangat pesat karena lokasinya strategis karena dapat terhubung langsung ke Jakarta dan Jawa Barat, sehingga Gading Serpong paling cocok dijadikan kawasan penghubung (hub) ekonomi di Banten. “Namun yang perlu dilakukan pemerintah daerah adalah sebaik mungkin menyusun detail tata ruangnya dengan mempertimbangkan perkembangan kota yang sangat pesat di kawasan ini,” ujar Eddy.

Presiden Direktur Paramount Land Ervan Adi Nugroho menjelaskan, Gading Serpong tetap merupakan prioritas bagi Paramount Land dalam mengembangkan bisnis propertinya. Paramount Land saat ini telah mengembangkan sedikitnya 1.000 hektare lahan di Gading Serpong menjadi kawasan hunian terpadu sejak sembilan tahun lalu.

“Dengan segala keunggulan itu, saya pastikan properti di kawasan Gading Serpong sangat cocok untuk end user maupun para investor karena rata-rata nilai propertinya bisa naik 10-20 persen per tahun,” sebut Ervan.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*