Thursday , 14 November 2019
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Gandeng MBM Group, Patra Jasa Ekspansi Bisnis Hotel Ke Arab Saudi

Gandeng MBM Group, Patra Jasa Ekspansi Bisnis Hotel Ke Arab Saudi

Penandatanganan kerjasama Patra Jasa dan MBM Group dalam pengembangan bisnis hotel di Arab Saudi

BERITA PROPERTI – Jumlah jamaah haji dan umrah yang berangkat ke Arab Saudi terus mengalami peningkatan. Data dari General Authority for Statistic Kingdom of Saudi Arabia mengungkapkan, peningkatan jamaah haji dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 sebesar rata-rata 7%, bahkan peningkatan jamaah umrah di tahun 2017 mencapai 15%.

Peningkatan tersebut tentu saja berdampak pada makin tingginya kebutuhan hotel bagi jamaah. Peluang ini ditangkap oleh Patra Jasa, anak usaha PT Pertamina (Persero) dengan melakukan ekspansi bisnis ke tanah suci bagi umat muslim tersebut. PT Patra Jasa menggandeng Marei Bin Mahfouz Group & Co (MBM) dan ELMAQ, Arab Saudi dalam bentuk Joint Venture Agreement (JVA).

BACA JUGA :   Bidik Pasar Indekos, Oyo Hotel Targetkan 10.000 Kamar Tahun Ini

Kerjasama ini, menindaklanjuti penandatanganan Head of Agreement (HoA) yang sebelumnya telah di tandatangani pada tanggal 31 Oktober 2018 di London, Inggris. Melalui kesepakatan ini, semua pihak sepakat untuk membentuk Usaha Patungan (Joint Venture) dalam mengoperasikan dan penyewaan (leasing) hotel-hotel di Mekah, yang kedepannya akan ada di Madinah dan Indonesia.

Sebagai mitra dari PT Patra Jasa, MBM Group saat ini mempunyai 15 hotel di Mekah yang sudah beroperasi, serta 3 hotel yang masih dalam tahap pembangunan; 4 diantaranya adalah hotel bintang 4 dan 14 hotel lainnya adalah hotel bintang 3. MBM Group dan ELMAQ sebelumnya sudah melaksanakan kerjasama dengan salah satu BUMN Indonesia, yaitu PT Kimia Farma pada tahun 2017 dan telah dibuka gerai apotek Kimia Farma di berbagai lokasi di Mekah, Madinah, dan Jeddah.

BACA JUGA :   Sukses Bertransformasi, Patra Jasa Tahun ini Siap Garap 7 Proyek

PJ Direktur Utama PT Patra Jasa, Hari Tjahya Wibowo menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas ditandatanganinya Join Venture Agreement (JVA) dengan pihak MGM Group & ELMAQ dari Arab Saudi. Dirinya melihat pertumbuhan bisnis dan kebutuhan akan hospitality di Arab Saudi terus meningkat.

“Kami menargetkan JV sudah berdiri di Semester 1 tahun 2019 sehingga JV mulai mengoperasikan hotel-hotel di Mekah dan Madinah di tahun ini. Kerjasama ini merupakan bukti nyata bahwa PT Patra Jasa menjalankan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani tahun 2017 antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi, dimana kedua negara telah menyepakati kerjasama di berbagai bidang,” kata Hari Tjahya Wibowo dalam keterangan tertulis.

Dengan adanya kerjasama tersebut, lanjut Hari, kedepannya diharapkan hotel-hotel yang dioperasikan oleh JV ini dapat membantu penyediaan akomodasi para jamaah Haji dan Umrah dari Indonesia. Rencana pengembangan bisnis yang akan dilaksanakan oleh PT Patra Jasa adalah dengan melakukan investasi dalam sewa hotel di Mekah dan Madinah milik MBM Group dalam jangka waktu panjang dan pihak partner akan berinvestasi dalam proyek PT Patra Jasa yang akan dilangsungkan di Indonesia melalui Usaha Patungan.

Check Also

Desain Beton Lengkung Jembatan LRT Jabodetabek Raih Rekor MURI

UMUM – Konstruksi Jembatan Lengkung Bentang Panjang ruas Kuningan pada proyek Kereta Api Ringan (Light …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 165

Klik Disini
Cover Majalah Property&Bank edisi 165
close-link
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI!
close-link