Tuesday , 20 November 2018
Breaking News
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Gunakan Batik,Grand Diara Hotel Raih Rekor Muri

Gunakan Batik,Grand Diara Hotel Raih Rekor Muri

Foto : istimewa

Berita Properti –  Batik Indonesia memiliki pesona yang tiada duanya serta tak lekang dimakan waktu. Tidak hanya dipakai busana, namun batik juga dapat dapat disandingkan sebagai penghias interior baik rumah maupun hotel.

Salah satunya Grand Diara Hotel yang menghiasi hampir setiap sudut dindingnya dengan batik yang berasal dari seluruh Nusantara.  Total ada lebih dari 60 motif batik yang dipasang di setiap koridor. Batik-batik yang dipajang di datangkan langsung dari daerah asalnya, mulai dari Aceh hingga Papua.

Penggunaan batik sebagai interior ruangan oleh Grand Diara Hotel, di lirik pihak Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai Hotel Dengan Dekorasi Batik Nusantara Terbanyak.

Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan di Grand Diara Hotel, Puncak – Cisarua, Jawa Barat (20/3), bertepatan dengan ulang tahun Grand Diara Hotel ke-2. Penghargaan diberikan langsung oleh Yusuf Ngadri, Senior Manager MURI kepada Nanda Widya, Direktur Utama Grand Diara Hotel. “Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri buat kami,” ucapnya.

“Kami ingin Grand Diara menjadi salah satu pelopor pelestarian batik. Sehingga batik sebagai “identitas” bangsa, bukan sekedar jargon, tetapi juga bias diresapi dan diterapkan dalam keseharian. Karena batik Nusantara sudah sangat mendunia dan bahkan diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Kita harus terus menjaganya,” terang Listura, General Manager Grand Diara Hotel.

Koleksi batik yang mengisi tiap sudut interior Grand Diara, memiliki aneka motif dan corak yang beragam. Selain murni buah tangan pengrajin daerah asal, sebagian batik yang dipajang juga berasal dari kreasi desainer ternama. Sehingga perpaduan batik modern dan tradisional, kian terasa elok menghiasi dinding-dinding hotel. “Ternyata batik tidak hanya indah ketika dipakai. Saat dipajang pun menghadirkan estetika yang sangat menyejukan mata,” jelas Listura.

Selain di area koridor, koleksi batik milik Grand Diara juga menghiasi sisi-sisi kamar hotel. Bedanya, batik-batik yang terpasang di dalam kamar, dimodifikasi secara digital dengan sentuhan senigrafis modern. Sehingga menghasilkan maha karya seni yang unik, tanpa mencederai nilai-nilai keaslian dari batik itu sendiri.

Upaya pelestarian batik Grand Diara tidak berhenti sampai disitu. Manajemen Grand Diara juga mencetak buku berjudul ‘Batik Negeriku – Koleksi Batik Grand Diara Hotel’. Buku-buku itu diletakkan di masing-masing kamar hotel. Sebagai bentuk promosi tambahan kepada setiap tamu, akan pentingnya mengenal batik nusantara.

“Buku ini juga menjadi rujukan untuk lebih mengetahui koleksi batik apa saja yang tersedia di Grand Diara,” pungkasListura.

Grand Diara merupakan hotel bintang 3 yang berada di jalan utama Puncak – Cisarua, Jawa Barat. Pilihan hotel yang pas untuk beristirahat bagi keluarga dan kalangan eksekutif maupun menggelar acara perusahaan.Tamu dapat menikmati beragam kenyamanan yang tersedia di dalamnya.

Grand Diara menyediakan 81 kamar dan 4 ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 250 orang. Serta restoran Chinchilla Sky dilantai 6 dengan pemandangan Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Selain itu, Grand Diara Hotel juga dikelilingi beragam lokasi hiburan keluarga. Seperti The Ranch, Taman Wisata Matahari, Cimory Riverside, dan Taman Safari.

Fasilitas-fasilitas lain yang tersedia diantaranya, kolam renang, area bermain anak-anak, serta lahan parkir yang luas. Juga bias melakukan berbagai kegiatan luar ruang. Seperti team building events & fun games, rafting, plantation farming, flying fox, dragon boat, horse riding, kayaking, waterpark, kampong tour, tracking to tea plantation, motor cross rental, tour to cilember waterfall.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*