Friday , 18 October 2019
Home / Kuliner / Hadirkan Sensasi kuliner Khas Cirebon

Hadirkan Sensasi kuliner Khas Cirebon

Cirebon dikenal sebagai kota udang, Kota dengan letak geografis  yang berada di Ujung Jawa Barat ini berbatasan dengan Jawa Tengah tepatnya Kota Brebes. Kota Cirebon memiliki banyak sekali makanan khas, baik berupa cemilan maupun makanan berat. Cemilan yang khas dari Cirebon di antaranya emping, kerupuk udang, kerupuk kulit, gapit, dan masih banyak lagi yang lain. Sedangkan makanan berat atau kuliner dari Cirebon banyak yg sudah tidak asing di kalangan pecinta kuliner masakan Indonesia, yakni empal gentong.
Bagi pecinta kuliner yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh datang ke Cirebon untuk menikmati satu per satu kelezatan masakan khas Cirebon, Yakni Griya Kula, yang berlokasi di kawasan Rawamangun.
Di restoran yang kental suasana Cirebon ini pelanggan memang benar-benar orang yang ingin menikmati makanan Cirebon secara khusus, tidak hanya individu yang mencari pengisi perut seketemunya.  Setidaknya ada lebih dari sebelas macam kuliner Cirebon tersedia di Griya Kula ini.
Posisi restoran yang berada di pojok kawasan kolam renang dengan lahan parkir yangluas membuat konsumen bermobil atau motor tidak perlu khawatir mengenai lahan parkir dan tidak perlu buru-buru menyelesaikan makanan karena takut membuat macet. Disini suasana terasa santai.
Uniknya,  hampir Setiap subuh masakan Cirebon di bawa dari dapur mengolahnya di kota udang itu dengan menumpang kereta dan hasilnya di Resto Griya Kula yang berlokasi di Gelanggang Renang Bojana Tirta Jakarta Timur setiap hari terhidang makanan aseli Cirebon unutk dihidangkan kepada pelanggan yang selalu meramaikan restoran etnik ini.
“setiap pagi makanan dikirim langsung dari Cirebon menggunakan kereta, kalo soal makanan kita sengaja datangkan dari koki aselinya, soalnya lidah orang Cirebon kalo soal masakan ga bisa dibo’ongin” tutur Heru Hendriyarto pemilik restoran sambil menyeruput kopi favoritnya.
Menurutnya pada awal restoran beroperasi kejadian lucu soal pengiriman sering terjadi, makanan sudah dikirim, tapi karena terlambat beberapa menit makanan terbawa lagi ke Cirebon dan terpaksa menunggu kereta selanjutnya yang akan jalan ke Jakarta, alhasil siang hari makanan baru ada.
Tapi kejadian itu sekarang sudah tak terjadi lagi karena makanan yang di bawa dari Cirebon dikawal khusus oleh seorang petugas dan tak pernah lagi terbawa kekota asal. Meskipun terkesan sederhana, Griya Kula ternyata menjadi resto langganan menteri banyak kalangan.
Makanan yang disajikan di Griya Kula memang khusus khas Cirebon seperti Ayam Bahagia Mak Konah, Nasi Jamblang Bang Dul, Nasi Lengko, Empal Gentong, Tahu Gejrot, Docang, Sate Kalong, Bubur Sop Ayam Tauco, dan beberapa jenis makanan Cirebon lainnya serta tak ketinggalan Kerupuk Melarat sebagai pelengkap rasa.
Empal Gentong adalah sejenis gulai. Aroma kunyit dan taburan daun kucai serta bawang goreng yang menggenangi daging sapi dan lontong, akan menjadi salah satu sensasi penting dari kekayaan masakan soto nusantara. Awas, bubuk cabai keringnya jangan sampai ketinggalan juga kerupuk kulitnya.
Bubur Sop adalah seni kehangat dan merica. Jika kita sedang menikmati Bubur Sop pasti kita akan merasakan adanya rasa yang secara 'subversif' menyelinap menebarkan kelezatan khas pesisir.
Nasi Lengko sate kambing merupakan hidangan khas Cirebon yang memadukan goreng tempe tahu dengan irisan timun tauge rebus kucai kecap dan bawang goreng. Rasa Nasi Lengko sangat mistis. Kelezatannya sangat alam dan terasa teduh jika dimakan karena dalam hidangan ini semua unsurnya adalah sayuran. Dan kehadiran Sate Kambing sebagai pendamping adalah episode tentang pilihan kejantanannya.
Mie Kocok adalah Mie Rebus dengan kuas khas yang gurih dengan aroma beras. Paduan tauge, daun bawang, telor rebus, daging ayam serta bawang goreng, adalah ingridien kelezatan yang tak perlu diperdebatkan.
Sega Jamblang ( sega : nasi ) adalah makanan khas Cirebon yang populer karena kelezatan dan keunikannya.
Bagi yang hanya sekedar nongkrong sambil mengisi waktu juga tersedia makanan hidangan ringan seperti Es Kopyor 4848, Es Duren, Es Tape, Kopi Kanoman hingga Teh Poci gula batu yang setia menjadi teman ngobrol.
Es Kopyor, Menikmati segarnya Es Kopyor rasanya kita seperti sedang menikmati minuman susu segar dari sebuah pohon kelapa. Manisnya sirop yang dibuat khusus merahnya sungguh seksi. Ada juga makanan ringan seperti Tahujrot atau tahu gejrot, berupa potongan tahu kulit kemudian diberi kuah kecap dengan bumbu bawang merah dan cabe rawit.  Rasanya tidak hanya pedas, lezat dan menggigit.

Check Also

Nikmat Rawon dan Segernya Es Cendol Di Hejo Hejo

KULINER – Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang kaya akan budaya. Keberagaman budaya tersebut tergambarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 164

Klik Disini
close-link