Friday , 18 October 2019
Home / Indeks Berita / Hapernas 2019, PUPR Gelar Pameran Perumahan Rakyat dan Festival Kuliner

Hapernas 2019, PUPR Gelar Pameran Perumahan Rakyat dan Festival Kuliner

Peresmian pameran perumahan dan festival kuliner

PAMERAN PROPERTI – Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran perumahan Rakyat dan Festival Kuliner di Lapangan Sapta Taruna Kementerian PUPR, Jakarta. Kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa – Rabu tanggal 27 – 28 Agustus 2019 diikuti sejumlah pengembang perumahan bersubsidi di wilayah Jabodetabek.

“Kami berharap masyarakat bisa lebih banyak mengetahui berbagai program perumahan yang dilaksanakan Kementerian PUPR melalui kegiatan Pameran Perumahan Rakyat ini. Silakan datangi berbagai booth pengembang perumahan bersubsidi di pameran ini,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti saat membuka Pameran Perumahan Rakyat dan Festival Kuliner. Di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

BACA JUGA :   Terkait PSR, HUD Institute Berikan 12 Rekomendasi

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat Eselon I, II dan III di lingkungan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/ BPN dan Bappenas serta perwakilan perbankan dan pengembang serta ratusan pegawai Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR juga menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP),  bank-bank penyalur dana perumahan dan para pengembang perumahan bersubsidi yang telah berkontribusi dalam Pameran perumahan Rakyat dan Festival Kuliner

“Kegiatan ini juga bisa menjadi wadah yang baik  untuk mempererat silaturahmi antar stakeholder perumahan di Indonesia dan sosialsiasi capaian dan kinerja program penyediaan perumahan,” katanya.

BACA JUGA :   PUPR Susun Roadmap Pembiayaan Perumahan

Menurutnya, tantangan untuk program perumahan di Indonesia ke depan akan semakin besar. Apalagi pertumbuhan penduduk juga berdampak pada kebutuhan hunian yang layak.  Selama lima tahun ke depan, pemerintah juga menetapkan target pembangunan rumah di Indonesia sebanyak 10,4 juta unit.

“Adanya target pembangunan perumahan ini juga bisa menjadi peluang untuk perbankan dan developer. Pemerintah juga akan melakukan intervensi langsung terhadap penyediaan hunian, fasilitasi peningkatan kualitas dan akses pembiayaan perumahan serta mendorong penyediaan hunian lewat swasta dan masyarakat,” terangnya.

“Tema Peringatan Hapernas Tahun 2019 ini adalah Mewujudkan Perumahan Rakyat Berbasis Komunitas. Tema ini kami nilai sangat tepat dan relevan karena pemerintah saat ini sedang mendorong upaya penyediaan perumahan bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal,” terangnya.

BACA JUGA :   Direnovasi, Ditargetkan Masjid Istiqlal Bisa Digunakan Ramadhan Tahun Depan

Saat ini, imbuhnya, sebanyak 70 persen suplai perumahan dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat yang bekerja di sektor informal. Hal ini menjadi indikasi bahwa dibutuhkan kebijakan dan program pemerintah dalam mendukung dan menstimulasi penyediaan perumahan berbasis komunitas ini.

Kementerian PUPR, terangnya,  melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah merancang kebijakan dan strategi dalam penyediaan perumahan berbasis komunitas ini. Pemerintah juga akan konsisten dan komitmen untuk melaksanakan Program Satu Juta Rumah sejak tahun 2015. “Sampai saat ini jumlah pembangunannya sudah mencapai angka 4.389.929 unit rumah,” tandasnya.

Program Satu Juta Rumah juga akan terus dilanjutkan dengan berbagai penguatan seperti percepatan dan kemudahan perijinan perumahan, peningkatan kualitas perumahan dan meningkatkan akses pembiayaan perumahan kepada berbagai stakeholder perumahan di Indonesia.

BACA JUGA :   PUPR Jadikan Rusunawa Pusat Pembentukan Karakter Generasi Muda

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Perumahan Rakyat Dwityo Akoro Soeranto menerangkan, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Ditjen Penyediaan perumahan Kementerian PUPR dengan LPDPP Kementerian PUPR. Acara pameran ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antar komunitas di masyarakat dan sinergi dengan mitra kerja dalam mempercepat pembangunan perumahan nasional dan mensosialisasikan program kerja dan pelaksanaan pembangunan perumahan yang dilaksanakan Kementerian PUPR.

“Kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa – Rabu tanggal 27 – 28 Agustus 2019 diikuti sejumlah pengembang perumahan bersubsidi di wilayah Jabodetabek,” katanya.

Check Also

Morotai

Pembangunan 6 Jembatan dan Jalan Lingkar Morotai Maluku Utara Dilanjutkan

INFRASTRUKTUR – Pulau Morotai sebagai salah satu pulau terluar dan terdepan di wilayah perbatasan Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 164

Klik Disini
close-link