Wednesday , 26 September 2018
Breaking News
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Hotel Cifest, Makin Pede Dengan Brand Baru

Hotel Cifest, Makin Pede Dengan Brand Baru

Hotel Cifest Cikarang bertransformasi menjadi Ibis Budget

PERHOTELAN – Jaringan hotel Accor yang sangat populer di dunia, menjadi jaminan tamu-tamu asal mancanegara saat mencari tempat menginap. Tak salah jika Hotel Cifest Cikarang milik ISPI Group kemudian beralih ke jaringan hotel yang masuk kedalam 10 besar operator top di dunia ini.

Pada bulan Februari 2018, hotel Ibis Budget akan hadir dan ikut meramaikan persaingan industri perhotelan di kawasan industri Cikarang, Bekasi. Hotel yang nantinya memiliki ciri khas berwarna biru itu, awalnya dikelola oleh operator lokal. Sejak setahun lalu sudah menjadi bagian dari Accor Group dengan brand Hotel Cifest managed by Accor, dan segera berganti nama menjadi Ibis Budget.

Untuk mengikuti standar hotel dibawah bendera Accor, Hotel Cifest sudah melakukan sejumlah perubahan. Yang paling utama dilakukan adalah ambience atau suasana yang menjadi pembeda hotel yang dikelola Accor dan hotel lainnya. Ambience atau suasana akan langsung terasa saat pertama kali memasuki hotel Accor, baik suasana lobby terlebih lagi unit-unit kamarnya.

“Orang akan tahu kalau lihat desainnya yang khas, sedang berada di Accor Group. Ambience itulah yang kita ciptakan di Hotel Cifest dan semua hotel yang dikelola Accor. Dan perubahan yang paling penting dilakukan adalah fasilitas. Inilah yang menjadi pembeda Hotel Cifest saat ini dengan sebelumnya,” jelas General Manager Hotel Cifest Cikarang managed by Accor Nanan Sulaeman.

Selain desain yang khas, kata Nanan, perubahan yang dilakukan adalah fasilitas internet. Saat ini jaringan internet sangat penting karena era digital, membuat orang sangat tergantung dengan internet. Walaupun mereka memiliki paket data, tapi kalau sedang menginap di hotel, mereka sangat bergantung kepada jaringan Wifi.

Oleh karena itu, untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, Hotel Cifest menyediakan hampir 10 Mbps per user guna berselancar di dunia maya. Sehingga, hal ini menjadi value yang dimiliki Hotel Cifest, karena meskipun harga kamarnya sangat terjangkau, tapi memiliki jaringan internet yang sangat mumpuni.

“Lalu, perubahan yang kami lakukan adalah pelayanan yang diberikan kepada tamu, sangat berbeda dan sesuai standar Accor. Seluruh karyawan yang sebelumnya sudah bergabung di hotel ini, harus mengikuti pelatihan kembali sesuai dengan pelayanan semua hotel dibawah manajemen Accor,” kata Nanan yang sudah 10 tahun bergabung di jaringan hotel Accor.

Diakui Nanan, sejak pengelolaan Hotel Cifest Cikarang beralih menjadi managed by Accor, kunjungan tamu yang menginap terjadi peningkatan signfikan. Hal ini karena nama besar Accor yang sudah sangat dikenal, baik lokal bahkan internasional. Promosi yang dilakukan oleh grup hotel ini dengan berbagai platform penyedia informasi perhotelan sangat gencar.

Selain itu, Accor sendiri juga memiliki platform yang sudah dikenal ke seluruh dunia, sehingga membuat sasaran tamunya sangat luas. Mereka dapat menemukan informasi mengenai jaringan Accor Group melalui jaringan internet atau situs accorhotel.com. Tak heran jika tamu-tamu yang menginap di Hotel Cifest Cikarang dalam setahun terakhir, banyak yang berasal dari luar negeri.

“Saat ini, tamu yang menginap di Hotel Cifest managed by Accor, lebih dari 70% adalah dari luar negeri seperti Cina, Jepang, Korea bahkan dari Belanda. Mereka adalah tamu-tamu dengan keperluan bisnis di kawasan Cikarang yang memang banyak beroperasi pabrik dan kantor dari berbagai negara,” ungkap Nanan.

Oleh karena itu, lanjut Nanan, dia optimis akan terjadi peningkatan yang lebih baik saat Hotel Cifest managed by Accor resmi berganti nama menjadi Ibis Budget pada Februari 2018. Pasalnya, brand Ibis sudah sangat dikenal sebagai hotel budget yang terjangkau harganya, namun memiliki fasilitas dan layanan yang sangat baik.

Hotel Cifest Cikarang dengan 122 kamar ini, nantinya akan menjadi Ibis Budget Premium dengan harga kamar mulai dari Rp 320.000 permalam. Berbeda dengan Ibis Budget lain yang bukan premium, karena hotel ini menyediakan tiga type kamar yakni Standar, Superior dan Deluxe. Sementara Ibis Budget lainnya hanya tersedia dua type kamar.

“Sejak menjadi Hotel Cifest managed by Accor, occupancy hotel ini rata-rata di atas 50%. Di kawasan Cikarang, saat ini kami berada di posisi nomor dua untuk tingkat rata-rata tamu yang menginap. Padahal, sebelumnya posisinya paling terakhir. Dan dengan brand Ibis Budget nantinya, kami targetkan menjadi nomor satu di kawasan Cikarang,” janji Nanan.

Paket Wedding dan Wahana Air Matador
Hotel Cifest Cikarang juga menyediakan paket wedding atau pesta pernikahan dengan kapasitas minimum 300 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150.000 per pack, sesuai dengan pilihan menu yang diberikan. Harga tersebut, sudah termasuk makan, dekorasi ruangan, entertainment, serta setting tempat duduk.

Keunggulan lain hotel yang berlokasi di Jl Cibarusah Raya, Cikarang Selatan ini adalah memiliki Wahana Air Matador. Semua tamu yang menginap di hotel mendapatkan fasilitas gratis bermain di wahana seluas 500 m2 itu. Disediakan akses khusus dari hotel menuju Matador bagi tamu yang yang menginap.

“Wahana ini mulai beroperasi sejak 7 Juni 2014 lalu. Hingga kini, sudah menjadi pilihan tempat rekreasi di kawasan ini, meskipun ada beberapa wahana sejenis di sekitarnya. Awalnya hanya ada kolam renang untuk fasilitas hotel, tapi kemudian ISPI mengembangkan menjadi wahana permainan air karena masih tingginya kebutuhan tempat rekreasi di kawasan ini,” ujar Pimpinan Pengelola Matador, Sutarto.

Sejak dibuka, kunjungan ke Matador terus meningkat. Menurut Sutarto, jumlah pengunjung berkisar antara 1.500 hingga 2.000 pada hari libur, belum termasuk pengunjung yang merupakan tamu hotel. Pada umumnya pengunjung Matador berasal dari sekitar kawasan, meskipun ada juga yang berasal dari luar kawasan seperti Karawang, Bekasi dan Jakarta.

Kelebihan wahana ini adalah, kolam air nya yang menggunakan PAM. Itu artinya air di wahana ini lebih steril karena sudah terlebih dahulu diolah oleh PAM. Setelah sampai di kolam, air kembali diolah sehingga menjadi lebih bersih. Kolam air juga selalu dijaga oleh life guard yang berpengalaman untuk memberikan keamanan bagi pengunjung.

“Di sini tersedia flying fox dan trampolin yang semua nya gratis, artinya tidak perlu bayar lagi. Harga tiket masuk untuk hari libur Rp 50.000 baik dewasa maupun anak-anak. Kami sediakan kantin dan tempat makan minum yang lengkap. Ada live music, promo khusus pada hari libur seperti doorprize, game dan tiket bisa ditukarkan dengan es krim,” sambung Sutarto yang sudah berpengalaman mengelola wahana air yang dimiliki ISPI Group.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*