Sunday , 18 November 2018
Breaking News
Home / Nasional / Ekonomi / Indonesia Tuan Rumah Sidang Tahunan IDB ke-41

Indonesia Tuan Rumah Sidang Tahunan IDB ke-41

Press Conference Sidang IDB ke 41

Press Conference Sidang IDB ke 41

PERBANKAN-Indonesia menjadi tuan rumah dalam Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 tahun 2016. Sidang ini akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 15-19 Mei 2016 dan menawarkan sebuah platform kepada 56 anggotanya yang terdiri dari solusi terhadap persoalan-persoalan di dalam negeri dengan memperkuat kerja sama dan kemitraan di antara para anggota.

IDB Resident Representative in Jakarta Ibrahim Shoukry menjelaskan, pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan sidang tahunan ini mengingat Indonesia adalah negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia yang berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi global dan merupakan salah satu negara pendiri IDB yang aktif dalam kemitraan di berbagai program internasional.

“Dalam beberapa tahun terakhir, IDB telah beroperasi di Indonesia dan telah bekerja di beberapa area penting seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan pendidikan di level pendidikan tinggi, dan pembangunan berbasis komunitas dengan pendanaan lebih dari USD 4 miliar. Sebagai salah satu negara anggota IDB yang berpengaruh, kantor perwakilan didirikan di Jakarta untuk meningkatkan kerja sama antara IDB dan Indonesia yang lebih efektif,” jelas Ibrahim dalam siaran persnya.

IDB dan Pemerintah Indonesia telah bekerja sama dalam membantu negara-negara anggota IDB, yang dilaksanakan dalam kerangka Reverse Linkage dan South-South Triangular Cooperation. Beberapa kerja sama itu antara lain transfer teknologi pembuahan buatan (artificial insemination) kepada Republik Kirgistan, serta kerja sama Indonesia dan negara-negara Afrika dalam manajemen bencana dan pertanian.

Dalam Sidang Tahunan kali ini, Pemerintah Indonesia dan IDB akan menandatangani Member Country Partnership Strategy (MCPS) 2016-2020, sebuah kerangka pembangunan di Indonesia yang berfokus pada pembangunan infrastruktur, pembangunan manusia, sistem pendanaan syariah, peningkatan peran sektor swasta, serta program Reverse Linkage.

IDB ke-41 akan menghadirkan 29 side events berupa diskusi dan seminar yang akan membahas beragam isu dan topik yang tidak hanya terbatas pada ekonomi dan keuangan. Beberapa topik yang akan dibahas antara lain pembangunan ekonomi dan manusia, infrastruktur, krisis air, pemanfaatan teknologi, transportasi ramah lingkungan, hingga peran perempuan dalam sistem keuangan.

Menteri Keuangan RI Bambang P.S. Brodjonegoro yang menjabat sebagai Dewan Gubernur IDB akan memimpin jalannya sidang.  Para menteri bidang ekonomi dan pembangunan dari negara-negara anggota akan hadir, termasuk para Menteri Kabinet Indonesia dan tokoh internasional, antara lain Earth Institute Director Columbia University Mr. Jeffrey Sachs, mantan Perdana Menteri Selandia Baru yang kini menjabat sebagai Kepala United Nation Development Program Helen Clark, Vice President Asian Development Bank Diwakar Gupta serta institusi internasional seperti Bank Dunia dan organisasi filantropi global seperti Bill & Melinda Gates Foundation.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*