Ingat Lima Hal Penting Ini Jika Ingin Mengontrak Rumah Atau Apartemen | Property & Bank
Friday , 22 June 2018
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Ingat Lima Hal Penting Ini Jika Ingin Mengontrak Rumah Atau Apartemen

Ingat Lima Hal Penting Ini Jika Ingin Mengontrak Rumah Atau Apartemen

TIPS&TRIK – Yang paling bagus tentunya siapa pun punya hunian milik sendiri. Tapi, ada hal-hal tertentu yang bikin kamu harus menyewa hunian, semisal karena pekerjaan yang mengharuskan kamu sering berpindah tempat, keluarga baru yang belum mampu beli rumah sendiri, atau karena mobilitas yang tinggi sehingga perlu irit waktu di jalan, maka kamu mau gak mau harus menyewa hunian.

Meskipun cuma menyewa, tetap aja kamu harus jeli memilih hunian sewa. Kalau gak, pindah sana, pindah sini, kan akan makan waktu juga. Maka itu, ada hal-hal penting yang mesti kamu perhatikan saat menentukan hunian sewa, seperti dikutip dari This Is Money berikut ini yang dikutip dari rumah123.com :

Survei tempat selengkap mungkin.
Sempatkan waktu untuk mencari tahu sebanyak mungkin rumah yang kamu akan sewa. Mulai dari lingkungan sekitar rumah, keamanan, tetangga, akses transportasi, fasilitas di sekitar rumah (apakah dekat dengan supermarket, sekolah, perkantoran, dan sebagainya) dan apakah bebas banjir. Jangan malas untuk berkeliling di sekitar wilayah hunian dan tanya sedapat mungkin informasi tempat tersebut kepada warga setempat.

Buatlah beberapa alternatif.
Seleksi rumah yang akan kamu sewa. Sediakan beberapa calon pilihan rumah, lantas kamu  seleksi mana yang paling baik dan sesuai dengan bujet kamu. Jika tertarik pada satu pilihan, jangan langsung memutuskan untuk menyewanya. Periksa dulu dengan hati-hati, bagaimana kondisi bangunan, saluran air, sanitari, pintu, jendela, sampai aliran listriknya. Jika kurang memenuhi syarat, kamu bisa beralih ke pilihan kedua atau ketiga.

Negosiasikan harga sewa.
Ketika menemukan rumah sewa yang kamu inginkan, Kamu bisa menawar harga sewa per bulan untuk menghemat pengeluaran kamu. Biasanya harga sewa jatuhnya akan lebih murah bila kamu membayar untuk enam bulan sampai satu tahun ke depan. Jadi, bila kamu punya anggaran untuk setahun, sebaiknya bayar aja sewanya sekaligus setahun.

Pastikan fasilitasnya apa saja.
Sebelum mencapat tahap kesepakatan harga, tanyakan dulu apakah biaya sewa sudah termasuk pembayaran listrik, air, kebersihan, dan keamanan. Hal ini untuk mengantisipasi pengeluaran kamu per bulannya. Jika uang sewa ternyata belum termasuk fasilitas tersebut, kamu bisa menyiapkan uang untuk kebutuhan tersebut.

Jangan ragu melapor bila ada masalah.
Periksa keadaan rumah seteliti mungkin. Segera laporkan pada pemilik atau broker rumah bila ada masalah. Misalnya, dinding atau lantai yang telah retak, lampu yang tidak menyala, aliran air tidak lancar atau pagar yang rusak. Pastikan pemilik sudah memperbaikinya sebelum kamu menempati rumah sewa tersebut.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*