Thursday , 17 August 2017
Home » Breaking News » Jababeka Bersiap Jadi ‘Silicon Valley’

Jababeka Bersiap Jadi ‘Silicon Valley’

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja Sidarta Darmono sedang menjelaskan kawasan Jababeka Cikarang,

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja Sidarta Darmono sedang menjelaskan kawasan Jababeka Cikarang,

BERITA PROPERTI – PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya PT Grahabuana Cikarang berencana menjadikan kawasan industri di Cikarang sebagai kawasan terpadu berteknologi layaknya Silicon Valley di Indonesia. Rencana ini bakal terwujud setelah Perseroan melakukan kesepakatan kerjasama dengan PT Zoomy Media Indonesia.

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja Sidarta Darmono mengatakan, nantinya seluruh perangkat berteknologi tinggi, termasuk big data center perusahaan-perusahaan multinasional akan dibangun di wilayah Jababeka. “Melalui kerjasama ini, kami ingin menciptakan ekosistem yang baik, yang dapat mengakomodir berbagai keperluan TI dan e-commerce di Jababeka,” ungkapnya saat buka puasa bersama sejumlah media, Rabu (31/5).

Sutedja menegaskan, meski pengembangan kawasan terus berjalan, kelestarian lingkungan tidak luput dari perhatian Jababeka. Oleh karena itu, bersama Greenbelt Resources Corporation, Jababeka akan mengolah sebanyak 40 ton sampah per hari. Sampah organik akan dikelola dengan manajemen zero waste strategy menjadi sejumlah produk seperti bioethanol, pakan ternak, pupuk, dan air difusi yang dapat dikomersilkan. Proyek bernama JababECO ini ditargetkan dapat menghasilkan 500.000 galon bioethanol serta pakan ternak dan pupuk cair.

Kawasan Cikarang hanya terpaut 35 km dari Jakarta atau dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Selain itu, berbagai infrastruktur transportasi bertaraf internasional juga tersedia di sekitar wilayah Cikarang seperti Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Kertajati yang akan dibuka tahun 2019, Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Patimban yang akan selesai akhir tahun 2017.

Selain dapat diakses melalui dua pintu tol yakni KM 31 Cikarang Barat dan KM 34,7 Cibatu, Kota Jababeka juga sangat dekat dengan dua stasiun kereta api yang nantinya akan dilintasi Commuter Line yakni stasiun Lemahabang dan stasiun Cikarang. Bahkan, stasiun Cikarang nantinya akan menjadi hub station untuk kereta-kereta dari Jawa dan Bandung, termasuk rencana pembukaan pintu tol KM 29 yang direncanakan akan dilakukan di tahun 2017 menuju Kota Jababeka.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*