Monday , 17 December 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / Jangan Tunda Lagi, Sekarang Saatnya Beli Rumah

Jangan Tunda Lagi, Sekarang Saatnya Beli Rumah

Suasana pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) di JCC Senayan, tampak Booth Sentra Timur ramai di kunjungi calon konsumen

TIPS&TRIK  – Gimana supaya bisa punya rumah sekarang? Ya kamu butuh menetapkan rencana keuangan, yang ga akan berhasil kalau kamu bikinnya sembarangan. Nah, menurut Joice Tauris Santi di Harian Kompas, untuk bantu kamu punya rumah sekarang, kamu bisa gunakan konsep SMART (specific = spesifik, measurable = terukur, attainable = dapat dicapai, realistic = realistik, dan time based = berjangka waktu). Konsep ini bikin kamu lebih cepat bisa punya rumah.

Spesifik maksudnya tuh kamu udah bisa menentukan di mana lokasi rumah yang kamu mau beli, berapa harganya, tipenya apa, berapa luas tanahnya, dan sebagainya. Semisal kamu pengen beli rumah di Depok, luas tanahnya 84 m2, luas bangunannya 45 m2, punya akses dekat stasiun kereta, dan sebagainya. Rencana yang spesifik kayak gini bikin kamu fokus bisa mewujudkannya.

Bisa lebih fokus lagi kalau kamu tempel gambar atau foto rumah yang kamu pengen tersebut. Tempel aja di berbagai tempat, di alam bawah sadar kamu akan berusaha untuk mewujudkannya. Misalnya kamu akan berusaha mengurangi ngopi, nongkrong-nongkrong di kafe, atau ke salon berkali-kali.

Oh ya, jangan lupa tentukan juga harganya, umpamanya Rp300 juta. Rencanakan pula kapan kamu bisa membelinya. Kalau kamu bergaji Rp10 juta, tentunya lebih realistis membeli rumah seharga Rp300-500 juta ketimbang yang harganya Rp1 miliar atau lebih. Menyisihkan duit Rp2-3 juta per bulan dari gaji Rp10 juta tentunya lebih realistis ketimbang menyisihkan Rp9 juta sebulan.

Kamu juga harus menentukan jangka waktu untuk memiliki rumah impian kamu itu. Apakah dua tahun lagi, tiga tahun lagi, dan seterusnya. Kalau dalam jangka waktu yang udah kamu tentuin ternyata belum juga terkumpul uang muka (DP), maka kamu harus evaluasi apa penyebab rencana kamu terhambat.

Apakah hal tersebut karena kamu kurangi dana di tabunganmu atau apakah kamu menggeser fokusmu. Kalau memang ada perubahan rencana, maka rencanakan ulang beli rumahmu dengan konsep SMART lagi. Kali ini kamu harus benar-benar fokus agar konsep ini benar-benar mendukung kamu untuk punya rumah. (sumber : rumah123.com)

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*