Sunday , 17 November 2019
Home / Bahan Bangunan / Kejar Target Produksi, Sika Indonesia Resmikan Pabrik Ke Tiga Di Cibitung Bekasi

Kejar Target Produksi, Sika Indonesia Resmikan Pabrik Ke Tiga Di Cibitung Bekasi

SIKA
ki-ka: Sika Area Manager South East Asia Gaby El Chaar, General Manager Sika Indonesia Eddy Sutanto, Direktur Wilayah III BKPM Aries Indanarto

Bahan Bangunan – Industri bahan bangunan diperkirakan masih terus bergeliat di tanah air. Seiring gencarnya proyek infrastruktur dan pembangunan properti di Indonesia, pelaku usaha berlomba-lomba memenuhi permintaan di tingkat lokal baik dari segmen ritel maupun proyek.

Menjawab pemenuhan kebutuhan tersebut, perusahaan bahan kimia untuk kontruksi dan industry Sika, kembali mengukuhkan bisnisnya dengan meresmikan pabrik ke tiga yang berlokasi di Cibitung. Pabrik yang di bangun di atas lahan seluas 30.000 m2 tersebut merupakan salah satu pabrik terbesar di Asia Pasifik.

BACA JUGA :   Vasaka Denpasar, Hunian Modern Tropical Living yang Menguntungkan

Pabrik yang berlokasi di kawasan MM2100, diresmikan oleh Sika Area Manager South East Asia Gaby El Chaar, disaksikan oleh Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Farah Ratna Dwei, Duta Besar Swiss untuk Indonesia Kurt Kunz dan General manager Sika Indonesia Eddy Sutanto.

Sika Merupakan perusahaan asal Swiss yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini memiliki komitmen jangka panjang dalm mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Perusahaan yang dikenal sebagai produsen mortal, bahan kimia perekat bahan bangunan ini membuka pabrik ketiganya di Indonesia dengan investasi senilai Rp 200 miliar.

BACA JUGA :   Hadir Di Indobuildtech Expo 2019, Tatalogam Hadirkan Domus Revo

“Sika memiliki 300 pabrlk yang tersebar di 101 negara, termasuk Indonesia. Kehadiran pabrik Sika di Bekasi merupakan wujud komitmen Sika untuk investasi berkelanjutan dan terus memberikan produk dan solusi terbaik untuk mendukung pembangunan dan kemajuan ekonomi di Indonesia. Ini juga sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan visi Sika yaitu Building Trust, menjadi perusahaan kimia kontruksi terkemuka yang menyediakan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan. Dimana solusi Sika disesuaikan dengan keinginan pelanggan dan diharapkan dapat membanngun hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan,” ujar Sika Area Manager South East Asia Gaby El Chaaar.

Sika hadir di Indonsia sejak tahun 1960-an. Pabrik pertama dibangun pada tahun 1988 di daerah Cilengsi, Bogor. Kemudian guna memperluas bisnis di Indonesia, pada tahun 2013 membuka pabrlk kedua di Gresik, Jawa Timur. Tahun ini, Sika kembali membangun pabrik ketiganya di Cibitung, Bekasi. Pabrik ketiga yang juga menjadi salah satu pabrik Sika terbesar di Asia Pasifik ini memiliki fasilitas moderen dan otomatis dengan kapasitas produksi dapat mencapal 450.000 ton mortar per tahun.

BACA JUGA :   Perluas Layanan, Bankaltim Jadi Bankaltimtara

General Manager Sika Indonesia, Eddy Sutanto menjelaskan bahwa pabrik ketiga ini, memang dikhususkan  untuk semen mortal, apalagi dengan system pabriknya yang lebih moderen dan full otamatis. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan kapasitas hingga tiga kali lipat,”ujarnya,

Selain ltu, pabrik di Bekasi juga berfungsi sebagai pusat distribusi, dimana distribusi produk-produk Sika pada sektor retail moderen dan tradisional tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia dan sudah masuk ke pasar online (e-commerce).

Namun demikian, diakui Eddy demand dalam kurun waktu setahun ini, dikatakan Eddy memang agak kurang. Hal ini dikarenakan pasar potensial ini baru 20 persen dari produksi yang ada. “jadi pabrik ini dibangun untuk prospek jangka panjang. Dengan kapasitas produksi mortar di pabrik ketiga ini mencapai 450 ribu ton mortar per tahun yang akan digunakan untuk kebutuhan domestik sebesar 60% dan sisanya diekspor ke negara-negara Asean, ” paparnya.

BACA JUGA :   Bluescope Fokus Bidik Generasi Milenial

Sika Indonesia beroperasi di delapan target market yaitu beton (Concrete), perbaikan (Refurbishment), lantai (Flooring), Kedap air (Waterproofing), atap (Roofing), penutup dan perekat (Sealing & Bonding), industri, dan Building Finishing. Sika turut berperan dan dipercaya dalam pembangunan berbagai proyek-proyek besar di Indonesia seperti Jembatan Suramadu, Jembatan Barelang, bandara Internasional Soekarno Hatta. dan sebagalnya.

Eddy memaparkan, bahwa Sika Indonesia merupakan perusahaan kimia kontruksi pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi ISO 9001. Pada tahun 2005, Sika Indonesia berhasil menerapkan sistem manajemen lingkungan dan menerima sertifikat ISO 14001.

“Produk Sika dikembangkan dengan pengetahunan dan teknologi moderen sehingga bisa menghasilkan serangkaian solusi sesuai kebutuhan di bidang kontruksi maupun di industry.  Di dukung lebih dari 300 staff di Indonesia, Sika telah membuktikan keunggulan pasar kontruksi kimia di Indonesia, terlebih dengan dibangunnya pabrik baru di Cibitung, Jawa Barat,” tambah Eddy usai peresmian Pabrik ketiga Sika Indonesia di Cibitung, Bekasi Senin 14 Oktober 2019.

BACA JUGA :   Baru Dibuka, ERA Champion Optimis Juara

Lini produk Sika telah dirancang untuk berbagai proyek sepertl membran atap berkualitas tinggi, campuran beton, mortar khusus, Perekat, perbaikan dan penguatan bahan pelapis pelindung, system anti air dan lantai. Produk Sika telah mendapatkan kepercayaan dari para professional konstruksl dan industry di seluruh dunia.

”Kunci kesuksesan perusahaan tercermin melalui logo segitiga Sika , Innovation consistency partnership. Fondasl kesuksesan Sika juga tercermln dalam Sika’s  Values & Principles, kaml mengambil perspektif jangka panjang tentang pengembangan bisnis dan bertindak dengan rasa hormat dan tanggung jawab terhadap pelanggan, pemangku kepentingan, dan karyawan, “tutup Gaby.

Check Also

Bank DKI Annual Report

Sukses Jalankan Keterbukaan Informasi, Bank DKI Raih Annual Report Awards

KINERJA BANK – Bank DKI berhasil meraih tempat kedua dalam Annual Report Award 2018 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 165

Klik Disini
Cover Majalah Property&Bank edisi 165
close-link
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI!
close-link