Saturday , 22 July 2017
Home » Indeks Berita » Kementerian PUPR Bentuk Komite Tapera

Kementerian PUPR Bentuk Komite Tapera

HUD Institute

HUD Institute

BERITA PROPERTI-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) saat ini tengah menyiapkan atau membentuk Komite Tapera (tabungan perumahan rakyat). Komite tapera yang sudah terbentuk nantinya akan diangkat dan diberhentikan langsung oleh presiden.

Dirjen Pembiayaan Perumahan, KemenPUPR, Maurin Sitorus mengatakan, pembentukan Komite Tapera ini sebagai salah satu amanat dalam Undang – Undang Nomor 4 Tahun 2016.  Komite Tapera anggotanya terdiri dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Keuangan, Menteri Ketenagakerjaan, Komisioner  Otoritas Jasa Keuangan dan dari unsur profesional.

“Tabungan Perumahan Rakyat ini sangat dibutuhkan. Sekitar 80 – 90 persen rumah tangga membeli rumah lewat KPR sehingga membutuhkan dana yang besar. Kita membutuhkan Tapera dalam rangka membantu MBR mendapatkan rumah,” terang Maurin dalam acara workshop “Optimalisasi Penyediaan Perumahan Rakyat Melalui Inovasi Pembiayaan”, yang diselenggarakan oleh HUD Institute bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian PUPR di Discovery Hotel and Convention, Kamis (11/8).

Hadirnya Tapera, lanjut Maurin, sebagai salah satu terobosan untuk menjawab tantangan di bidang perumahan. Apabila Tapera sudah terbentuk, katanya, dalam tahun pertama, dapat menghimpun dana sekitar Rp. 50 – 60 Triliun. Selain melahirkan Tapera, KemenPupera juga akan selalu menjaga affordability atau keterjangkauan masyarakat.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*