Thursday , 12 December 2019
Home / Breaking News / PUPR Targetkan Rehabilitasi Flyover Cengkareng Selesai 8 Hari

PUPR Targetkan Rehabilitasi Flyover Cengkareng Selesai 8 Hari

Infrastruktur  – Guna menjamin keselamatan para pengguna jalan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga
saat ini tengah melakukan rehabilitasi Flyover Cengkareng yang berada di ruas Jalan Nasional (Non Tol) Lingkar Luar Barat, Jakarta Barat.

Kementerian PUPR Targetkan Rehabilitasi Flyover Cengkareng Selesai 7 HariFlyover yang dibangun tahun 2008 dengan konstruksi beton prategang ini, melayani arus lalu lintas dua arah masing-masing 2 lajur, yakni dari Kembangan menuju Kamal – Cengkareng dan sebaliknya. Setiap harinya flyover melayani kendaraan kecil maupun truk-truk kontainer dari dan menuju kawasan industri dan pergudangan di kawasan Kamal – Cengkareng dan sekitarnya.

Demi keamanan proses rehabilitasi, telah dilakukan penutupan sementara 2 lajur Flyover Cengkareng dari Kembangan ke arah Kamal. Sementara 2 lajur Flyover arah sebaliknya dari Kamal menuju Kembangan tetap dapat dilintasi normal. Lama waktu rehabilitasi adalah 8 hari terhitung sejak Kamis, tanggal 27 Desember 2018 dan ditargetkan untuk dapat dibuka kembali pada Kamis dini hari, tanggal 3 Januari 2018 pukul 00.00 WIB.

Rehabilitasi mencakup penggantian landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11. Hingga saat ini pekerjaan yang tengah dilakukan adalah perkuatan dengan pemasangan penyangga (shoring), untuk selanjutnya dilakukan pengungkitan (jacking) dan penggantian pot bearing. Setelah terpasang maka akan dipasang expansion joint menggunakan asphaltic. Secara paralel akan dilakukan perbaikan oprit di mulut flyover.

BACA JUGA :   Progres Pembangunan Underpass Bandara Yogyakarta Rampung 74,3%

Proses perbaikan dilakukan dengan mengutamakan aspek Keamanan Keselamatan Kerja (K3) baik kepada para pekerja maupun lingkungan sekitar, terlebih ruas jalan tersebut merupakan jalan perkotaan dengan lalu lintas padat.

Upaya yang dilakukan antara lain dengan menyiagakan personil untuk membantu pengalihan arus lalu lintas ke jalan alternatif yang dikoordinasikan oleh Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas), petugas Kantor Walikota Jakarta Barat dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pemasangan median concrete barrier (MCB), penerangan lampu dan pemasangan jaring pengaman.

Dari Kembangan ke Kamal, para pengendara tetap dapat menggunakan 2 lajur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan 2 lajur jalan arteri untuk melintasi Jalan Daan Mogot.

Sedangkan dari arah Kamal – Cengkareng ke Kembangan, tersedia 6 lajur utuh terdiri dari 2 lajur Flyover, 2 lajur tol JORR dan 2 lajur jalan arteri nasional (Non Tol) Lingkar Luar Barat.

Kementerian PUPR menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama proses perbaikan berlangsung dan menghimbau kepada para pengendara untuk senantiasa berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi arahan dari petugas di lapangan dan rambu-rambu yang tersedia.

Check Also

Menara Syariah

Bidik Potensi Ekonomi Syariah, Agung Sedayu Bangun Menara Syariah di PIK 2

PERKANTORAN – Indonesia adalah merupakan negara dengan penduduk muslim yang besar di dunia. Saat ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 166

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
Cover Property&Bank edisi 166
close-link