Thursday , 17 October 2019
Home / Properti / Kepemilikan Properti oleh Asing akan Datangkan Devisa?

Kepemilikan Properti oleh Asing akan Datangkan Devisa?

ilustrasi
ilustrasi

PROPERTI – Akhir-akhir ini, gagasan untuk memberikan perlakuan khusus atau secara lebih fleksibel kepada WNA mengemuka lagi. Para pelaku bisnis, terutama bisnis properti melihat hal ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan pasar properti di Indonesia. Potensi pasar Indonesia dengan harga properti yang masih relatif rendah dianggap akan memberikan nilai persaingan yang cukup baik untuk pasar asing.

Selain itu President Executive Club (PEC) yang menggelar diskusi panel pada (19/8/2015), memperkirakan akan banyak devisa yang masuk ke Indonesia melalui kepemilikan asing ini. Saat ini orang asing sebenarnya bisa memiliki properti di Indonesia dengan hak pakai, hak sewa, atau hak guna usaha.

Melihat wacana ini, pemerintah menyatakan bahwa properti yang dapat dimiliki oleh asing merupakan apartemen, yang wilayah kepemilikan apartemennya akan dibatasi berdasarkan lokasi dan peruntukannya untuk apartemen mewah dengan harga mahal dan bukan bersubsidi. Selain itu, pemerintah juga tetap melindungi landed house atau rumah yang bangunannya langsung menapak dengan tanah dari kepemilikan asing.

Adapun, pemerintah juga akan merevisi Peraturan Nomor 41 Tahun 1996 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal Atau Hunian Oleh Orang Asing Yang Berkedudukan Di Indonesia.  Sebagian pelaku bisnis berargumen dengan adanya revisi terkait kepemilikan properti oleh asing maka negara diuntungkan karena mendapatkan pemasukan devisa dari pajak transaksi jual beli properti. Diperbolehkannya orang asing memiliki properti komersial diharapkan bisa mendorong investor asing mengalihkan dananya untuk membeli apartemen di Indonesia.

Check Also

Sentra Timur Residence Raih Trophy di Penghargaan IPBA ke 14

BERITA PROPERTI – Memasuki usia yang ke 14 tahun, Majalah Property&Bank bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 164

Klik Disini
close-link