Sunday , 18 August 2019
Home / Indeks Berita / Ketika Laksa Nyonya Sudah Jadi Menu Andalan Kuliner Hotel

Ketika Laksa Nyonya Sudah Jadi Menu Andalan Kuliner Hotel

Laksa Nyonya kini masuk hotel sebagai kuliner lokal andalan.

KULINER – Laksa Nyoya merupakan makanan tradisional turun-temurun dari Kota Tangerang. Oleh karena itu, maka untuk tetap melestarikan makanan tersebut, diadakanlah lomba memasak Laksa yang khusus diikuti oleh junalis dari berbagai media. Lomba memasak Laksa Nyoya ini diselenggarkan di ibis Styles Jakarta Airport, pada Sabtu (3/8) lalu.

Lomba ini juga bertepatan dengan peluncuran Laksa Nyoya dalam program Culinary Journey Accor yang dapat dinikmati di enam hotel di wilayah Tangerang dan sekitarnya, yakni Novotel Tangerang, Mercure Serpong Alam Sutera, Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk, Bandara International Hotel Managed by Accor, ibis Styles Jakarta Airport, dan ibis Gading Serpong.

BACA JUGA :   Inhealth Gelar Fun & Health Gathering

Kuliner ini otentik dari Tangerang ini bahkan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Hampir di seluruh kawasan Tangerang tersedia Laksa Nyonya, maka tak heran kalau Laksa Nyonya menjadi makanan yang cukup populer.

“Kuliner lokal, Laksa Nyonya sudah ada sejak 1930an. Hidangan ini dipengaruhi oleh tradisi Melayu dan China. Laksa Nyonya bercita rasa gurih karena kuahnya terbuat dari kaldu ayam asli yang dicampur santan segar,” ungkap Executive Chef Novotel Tangerang, Salahin.

Laksa Nyonyaa terdiri dari potonga ayam, udang, cumi, ketupat atau lontong, tauge yang disiram dengan kuah santan berkaldu, dan ditambahkan irisan cabai, daun bawang, seledri, perasan jeruk nipis, potongan tomat, serta sambal dan kerupuk.

BACA JUGA :   Megabuild 2018, Hadirkan Solusi Teknologi Properti

“Laksa itu artinya ‘banyak’, sesuai dengan cara memasaknya yang menggunakan banyak bumbu untuk menghasilkan cita rasa yang kaya. Rasa manis dan unik dihasilkan dari parutan kelapa dan kacang hijau. Opor ayam, telur rebus dan tahu juga kerap disajikan sebagai pelengkap hidangan,” sambungnya.

Diceritakan oleh Salahin, dahulu Laksa Nyonya dijual di sekitar kampung-kampung Tangerang yang dijajakan keliling oleh penjual dengan menggunakan bakul. Kini, hotel di kawasan Tangerang mencoba mengangkat kembali kuliner yang hampir terlupakan sebagai menu andalan hotel.

“Laksa Nyonya kini dapat dinikmati di enam hotel yang berada di Tangerang dan sekitarnya. Yaitu Novotel Tangerang, Mercure Serpong Alam Sutera, Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk, Bandara Internasional Hotel Managed, Ibis Style Airport, dan Ibis Gading Serpong. Laksa Nyonya yang disajikan buat dari satu resep yang sama,” paparnya.

BACA JUGA :   Bekasi Square Rebranding Menjadi REVO Town

Puluhan Jurnalis yang ikut kegiatan ini menjadikannya sebagai ajang kreatifitas memasak. Menu kali ini adalah membuat Laksa Nyonya makanan khas Kota Tangerang dengan kuah kaldu berisi  sewiran ayam, udang, lontong, tauge, soun ditambah dengan irisan cabai merah, daun bawang, daun seledri, irisan tomat plus jeruk nipis dengan sambal dan kerupuk.

Hardi, salah seorang Jurnalis mengapresiasi lomba memasak ini. Dirinya mengaku baru pertama kali ikut lomba memasak. “Ternyata masak itu susah juga, kaga segampang yang saya liat,” ucapnya.

BACA JUGA :   Kunjungi dan Tentukan Pilihan Produk Properti Anda di JGC Property Expo 2019

Sebanyak 6 tim dari puluhan Jurnalis ini, langsung dikomandoi oleh 6 chef dari 6 hotel dan penjurian sendiri dilakukan oleh General Manager Hotel di kawasan Tangerang dibawah AccorHotel.“Penilaian sendiri mencakup persiapan, memasak dan penyajian,” ucap Yoesi Bagus Taruna, selaku General Manager ibis Styles Jakarta Airport.

Selain di Tangerang, Laksa Nyonya juga dapat ditemukan di Singapura, Malaysia, dan Indochina, dan sebagian daerah di Indonesia. Laksa khas Tangerang ini ditawarkan menjadi menu individual di restoran hotel dengan harga Rp 70.000 – Rp 145.000. (Artha Tidar)

Check Also

Incar Dana Rp 355,5 miliar, Bhakti Agung Tawarkan Harga IPO Rp 150-200 per Saham

PASAR MODAL – Perusahaan properti PT Bhakti Agung Propertindo berencana mencari pendanaan dari pasar modal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 162

Pesan Sekarang!
close-link