Thursday , 29 June 2017
Home » Indeks Berita » Komunikasi Efektif Lewat Komunitas Penghuni

Komunikasi Efektif Lewat Komunitas Penghuni

Diperlukan komunikasi yang aktif agar mampu menjadikan satu sama lain menjadi bagian yang tidak terpisahkan, untuk tujuan yang sama, hidup yang harmonis.

Diperlukan komunikasi yang aktif agar mampu menjadikan satu sama lain menjadi bagian yang tidak terpisahkan, untuk tujuan yang sama, hidup yang harmonis.

BERITA PROPERTI – Badan pengelola apartemen atau building management, memiliki tugas yang berat dalam mengelola gedung maupun dinamika sosial di gedung tersebut. Badan ini juga harus mampu menciptakan hubungan yang baik dengan penghuni dan juga pengurus PPPSRS (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun).

Perlunya menciptakan hubungan yang harmonis tersebut, karena berbedanya karakteristik masing-masing individu yang memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Diperlukan komunikasi yang aktif agar mampu menjadikan satu sama lain menjadi bagian yang tidak terpisahkan, untuk tujuan yang sama, hidup yang harmonis.

“Badan pengelola harus menjalin komunikasi yang efektif terhadap semua penghuninya. Jika komunikasinya terjalin dengan baik, maka dengan partisipasi para penghuni, seluruh program kerja badan pengelola dapat berjalan dengan lancar,” kata Evie S. Koordinator  Komunitas Inner City Management (ICM), di sela-sela acara Community Gathering “Fun & Healthy Day”, diselenggarakan ICM, di Vimala Hill, Bogor, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Evie, yang juga penghuni Apartemen Mediterania Garden Residences 2, Jakarta Barat ini, strategi komunikasi dijalankan oleh ICM (anak perusahaan Agung Podomoro Group) yang mengelola lebih dari 30 site apartemen sangat efektif. Di hampir semua site yang dikelolanya, tingkat partisipasi warga apartemen (penghuni) tergolong tinggi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh badan pengelola.

“Dengan adanya komunitas penghuni, selain menjadi wadah berbagai kegiatan positif, juga sangat membantu badan pengelola dalam menjalankan tugasnya. Komunikasi dengan penghuni akan berjalan dengan baik, sehingga jika ada keluhan dari penghuni dapat disampaikan dengan baik, dan saling pengertian,” jelasnya.

Salah satu langkah yang tepat yang dikembangkan oleh ICM adalah mengembangkan dan mendukung terbentuknya berbagai komunitas di lingkungan apartemen, terutama komunitas senam pilates yang memang banyak penggemarnya. Saat ini, di seluruh site yang dikelola ICM sudah punya komunitas senam, bahkan apartemen-apartemen kawasan Podomoro City sudah terbentuk komunitas dengan latar belakang hobi, seperti Komunitas Merajut, Basket, Pingpong, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

“Tujuan utama dari pembentukan komunitas adalah untuk menciptakan hubungan yang harmonis di lingkungan apartemen. Karena itu, dalam setiap kegiatan positif, badan pengelola ingin merangkul dan melibatkan semua penghuni. Daripada mereka ikut fitnes dan senam di luar, mendingan mereka bergabung dengan komunitasnya, tidak perlu bayar. Sambil bersosialisasi, juga dapat mempererat hubungan sebagai satu keluarga besar di apartemen masing-masing,” ungkap penggagas, sekaligus motor dari berbagai acara komunitas ICM ini.

Acara Community Gathering ini diikuti sekitar 550 peserta dari komunitas-komunitas  di 17 apartemen di bawah pengelolaan ICM. Acara tersebut berlangsung meriah dan akrab, sebagian besar merasa menjadi satu keluarga besar. Berbagai kegiatan digelar seperti Senam Poco-poco, Muamere, Zumba, Cha-cha, dan perfomance masing-masing site, dan sediakan hadiah uang tunai, serta doorprize.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*