Thursday , 24 August 2017
Home » Indeks Berita » Lampung Utara Butuh Program Bedah Rumah

Lampung Utara Butuh Program Bedah Rumah

54rumah-sederhana-2.jpgBERITA PROPERTI – Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangku Negara meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengalokasikan program bedah rumah untuk masyarakat miskin di daerah tersebut. Adanya bantuan bedah rumah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) diharapkan mampu membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni.

“Kami sangat berharap Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan bisa merealisasikan program BSPS atau bedah rumah di Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung,” ujar Bupati Lampung Utara saat melakukan audiensi dengan Direktur Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Johny FS Subrata di Kementerian PUPR, beberapa waktu lalu.

 Menurutnya, angka kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara merupakan yang tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data yang ada di Bappeda Kabupaten Lampung Utara angka kemiskinan di daerah tersebut mencapai 23,20 persen atau sekitar 140.000 orang.

“Adanya bantuan bedah rumah masyarakat miskin diharapkan dapat menekan angka kemiskinan di daerah ini. Adanya papan yang baik tentu akan membuat masyarakat jadi lebih sejahtera,” harapnya yang disampaikan dalam keterangan tertulis.

Untuk mendukung program BSPS tersebut, Pemkab Lampung Utara juga telah mengirimkan proposal permohonan Program BSPS yang berisikan nama-nama penerima bantuan lengkap dengan alamat rumahnya. Selain itu, pihaknya juga memiliki program pendukung serupa yakni bedah rumah untuk sekitar 200 unit rumah dengan nilai bantuan Rp 15 juta per unit rumah.

“Kami mengusulkan sekitar 17.000 rumah warga lengkap dengan nama dan alamatnya (by name by address) untuk program BSPS ini,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Johny FS Subrata menyatakan untuk tahun 2017 ini mendapatkan bantuan Program BSPS untuk 513 unit rumah. Bantuan tersebut tersebar di  lima kecamatan yakni Kecamatan Abung Selatan, Kota Bumi Selatan, Abung Surakarta, Sungkai Tengah dan Kota Bumi.

“Kami berupaya agar setiap pemerintah daerah mberhak mendapatkan bantuan BSPS ini. Yang penting ada kesungguhan dari setiap Kepala Daerah untuk mensukseskan program perumahan di daerahnya masing-masing,” tandasnya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*