Sunday , 20 August 2017
Home » Leisure » Liburan Sehat Di Resort Khas Garut

Liburan Sehat Di Resort Khas Garut

Sejak memasuki kawasan resort ini, suasana alami dengan pemandangan khas Garut langsung terasa. Dijamin, liburan bersama keluarga maupun kolega akan lebih bermakna.
Rumah-rumah di atas balong yang dipenuhi bunga teratai itu, seperti mengambang di atas air yang jernih dan hangat. Di dalam air, terdapat ikan-ikan beraneka warna yang ditemani oleh gemercik air dari pegunungan. Di belakangnya, Gunung Guntur yang tegar menjadi panorama menyejukan dan menyegarkan mata yang memandang. Kombinasi alam yang sangat menakjubkan dan sukar ditemui di tempat lain.
Kawasan resort Sumber Alam Garden of Water, Cipanas, Garut Jawa Barat dulunya dikenal dengan Kampung Sumber Alam.  Resort ini, semula dibangun sebagai Klinik Fisioterapi. Sumber air panas yang melimpah ruah di Garut, dimanfaatkan untuk menyehatkan masyarakat karena mengandung kadar belerang yang cukup. Belakangan, muncul ide untuk melengkapinya dengan sarana penginapan bagi pasien yang datang dari luar kota.
Adalah Rahmat Syukur Maskawan, yang melihat peluang bisnis untuk mengembangkan resort bernuansa Garut asli namun diselaraskan dengan kehidupan masyarakat modern. Ia meneruskan kegiatan usaha keluarga tersebut dengan mengembangkan resort yang berwawasan lingkungan, ditata secara artistik tanpa meninggalkan budaya lokal yang adi luhung.
“Kami melihat bahwa potensi di Garut ini adalah sumber air panasnya. Kadar belerangnya tidak terlalu kuat sehingga tidak menimbulkan bau maupun perih di mata. Tapi manfaatnya tetap sama bahkan lebih bagus dari sejumlah lokasi air panas di tempat lain,” ujar lulusan National Hotel Institute Bandung serta pengalaman bekerja di Holland American Cruises ini.
Oleh karena itu, di resort Sumber Alam yang dia kembangkan, memanfaatkan sumber air panas yang langsung turun dari pegunungan. Tamu juga dapat menikmati air panas di kolam renang yang cukup luas. Atau memanfaatkan fasilitas kamar rendam air panas yang dibuka untuk umum. Kamar rendam ini bertarif Rp 25.000 untuk setiap 45 menit penggunaannya.
Di resort yang total luas lahannya mencapai 2,7 ha ini, suasana kampung juga sangat kental terasa. Rahmat Syukur sengaja membangun unit-unit resort dengan konsep bangunan Cipanas Garut tempo dulu. Resort-resort yang dibangun tersebar di atas balong-balong itu menggunakan atap ijuk dan rumbia.
Sumber Alam memiliki 71 unit rumah panggung yang disewakan dengan harga yang bervariasi. Menggunakan desain arsitektur kampung tradisional Cipanas, unit-unit itu diberi nama antara lain Bungalow, Vila, Pondok Kelapa, Kawung, Sweet room, Deluxe room, Junior sweet, serta Babakan Siluhur. Unit-unit resort itu selalu penuh oleh tamu meskipun bukan hari libur.
Di Garut, tingkat okupansi hotel mencapai 75 % setiap harinya. Sebagai satu‐satunya lokasi yang memiliki sumber air panas alami yang melimpah, mengandung larutan belerang yang sangat bermanfaat, Sumber Alam sudah menjadi destinasi MICE bagi instansi pemerintah dan perusahaan‐perusahaan yang berdomisili di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya bahkan Jakarta.
“Dari lahan yang hanya seluas 3200 meter, saat ini Sumber Alam sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Kami kembangkan satu persatu menyesuaikan perkembangan bisnis yang dijalani. Jika ada warga yang jual lahan dan cocok maka kami beli, kemudian kami bangun. Begitulah seterusnya,” jelas Rahmat Syukur yang lama berkecimpung di Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Jawa Barat.
Di resort ini, juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mendukung liburan seperti spa, pijat refleksi, sarana mini outbond, kolam pancing, meeting room dengan kapasitas 600 orang, dan sarana penunjang lainnya. Lokasinya hanya 1,5 jam perjalanan darat dari Bandung dan 3,5 jam dari Jakarta.
Jadi, jika ingin merasakan liburan sehat dan bermakna, Sumber Alam of Water, Cipanas, Garut, Jawa Barat ini harus menjadi agenda liburan anda berikutnya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*