Saturday , 4 April 2020
Home / Properti / Perkantoran & Kawasan Komersial / Marunda Center, Kawasan Industri Dekat Ke Pelabuhan

Marunda Center, Kawasan Industri Dekat Ke Pelabuhan

Iwan A Djunaedi Direktur PT Multikarya Hasilprima
Iwan A Djunaedi Direktur PT Multikarya Hasilprima

PROPERTI-Terletak di sebelah pantai Timur Jakarta, kawasan pergudangan dan industri ini dinamai Marunda Center. Kawasan yang telah dikembangkan oleh PT Tegar Primajaya dan PT Multikarya Hasilprima ini hanya berjarak 9,8 km dari pelabuhan Tanjung Priok. Di desain secara terpadu untuk seluruh aktifitas ekspor impor, logistic , ekspedisi , penempatan peti kemas ,industri serta pergudangan diatas lahan seluas 600 hektar.

Hai ini diakui dan disadari oleh Iwan A Djunaedi Direktur PT Multikarya Hasilprima dan Guwanto Lim Direktur Tegar Prima Jaya jika di kawasan industri pergudangan yang dikembangkannya terdapat infrastruktur yang memadai dan sangat mendukung ,baik dari  sarana maupun prasarananya. Dengan menambahkan dermaga  dikawasan ini , dengan sendirinya akan menarik industri atau bisnis.” Yang tadinya kita murni kawasan industri dan pergudangan , kini telah menjadi kawasan niaga terpadu dengan fasilitas pelabuhan sehingga menarik untuk pengembangan usaha logistik.

Keunggulan Marunda Center adalah lokasinya yang sangat dekat dengan Pelabuhan Tanjung Priok, dan menjadi semakin strategis bila jalan tol Cikarang-Tanjung sepanjang 34 Km terwujud. Ditambah lagi dengan jalan tol sepanjang 12,4 km dari kawasan Cakung-Cilincing yang mengakses ke Tanjung Priok dan berakhir di jalan tol timur arah Bandara Soekarno Hatta.

Menurut Iwan saat ini di Marunda Center sudah  lebih dari 400 unit bangunan gudang dan industri dengan sistem cluster. Kawasan ini dapat berkembang menjadi kawasan berikat (bonded zone), dimana dapat diberikan fasilitas kemudahan proses asministrasi kepabeanan serta penghematan bea masuk. Fasilitas dan infrastruktur yang ada juga telah disesuaikan untuk menjadi kawasan pergudangan dan industri berskala internasional. Memiliki jalan utama dengan lebar 38 meter yang dibuat dari beton cor, yang setiap jalur dapat memuat tiga jalur kendaraan trailer. Jaringan drainasenya pun didesain dengan kapasitas besar, dengan tujuan supaya lingkungan di kawasan ini tetap asri. Beberapa taman juga telah dibangun untuk menjaga keasrian kawasan ini.

Marunda Center juga memiliki pelabuhan laut sendiri. Ini tentu menambah kelengkapan fasilitas yang ada dalam kawasan industri terpadu ini. adapun keberadaan sarana ini diharapkan mampu mendorong koneksitas transportasi internoda dan distribusi barang yang akan masuk dan keluar Kawasan Industri Marunda Center.  “Saat ini kapal sandar sudah bisa mencapai 10.000 ton di dermaga yang kita buat,” imbuh Guwanto Lim.

Menurut  Iwan saat ini di Pulau Jawa hanya ada dua kawasan industri swasta yang letaknya dekat dengan pelabuhan. Yang pertama Marunda Center dan yang kedua letaknya di wilayah Jawa Timur. Marunda Center diharapkan mampu menjawab tingginya kebutuhan kawasan pergudangan dan industri terpadu berskala internasional, sebab Indonesia masih menjadi destinasi utama para investor untuk melakukan ekspansinya dalam berbagai sektor industri. Dengan kata lain, sektor industri luar maupun dalam negri masih melirik Indonesia salah satunya adalah wilayah Bekasi dan sekitarnya untuk dijadikan ladang investasi mereka

Menurut Guwanto pihaknya selaku pengelola pelabuhan di kawasan Marunda Center akan menambah dermaga sandar kapal dengan kapasitas 30.000 ton. Melalui PT. Pelabuhan Tegar Indonesia,  pihaknya akan membangun sejumlah fasilitas yang mendukung pada kepabean dan imigrasi.  Sehingga dengan sejunlah fasilitas itu, jasa dan layanan pelabuhan menjadi efisien dan lebih berkualitas “Kami menjadikan Marunda Center sebagai kawasan Industri yang terintegrasi dengan fasilitas pelabuhan modern dengan fasilitas canggih pula,” pungkas Iwan yang diamini Guwanto.

Check Also

Mitra Sindo Serah Terimakan Shop House Cleon Park Jakarta Garden City

BERITA PROPERTI – Kawasan komersial di perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City kembali bertambah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 169

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link