Thursday , 17 October 2019
Home / Breaking News / Masyarakat Indonesia Makin ‘Kecanduan’ Mobile Networking

Masyarakat Indonesia Makin ‘Kecanduan’ Mobile Networking

okezone.com
okezone.com

Teknologi – Penelitian terbaru dari Global Web Index (GWI) mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan hingga 45 persen jumlah pengguna layanan mobile messaging di Indonesia sejak tahun 2013. Perusahaan riset terbesar di dunia yang mengkhususkan diri dalam penelitian perilaku konsumen online, membeberkan fakta bahwa pengguna aplikasi mobile messaging terus tumbuh setiap kuartal sejak Q4 2012. Bahkan totalnya mencapai 36 persen di Asia Pasifik yang mewakili dua pertiga dari pengguna layanan pesan instan di dunia.

Menurut GWI, tiga faktor utama terjadinya peningkatan ini adalah karena penggunaan aplikasi messaging yang bebas biaya (sebesar 45 persen), lebih cepat dari pada menggunakan jaringan sosial atau SMS untuk berkomunikasi dengan orang-orang (41 persen), dan banyak teman-teman mereka yang menggunakan aplikasi tersebut (41 persen). Aplikasi perpesanan instan paling populer ini meliputi WhatsApp, Facebook Messager, WeChat, dan Skype.

“Aplikasi pesan mobile telah menjadi saksi singkat pertumbuhan yang luar biasa selama periode ini, terutama di kalangan generasi muda. Karena orang yang menggunakan social networking lebih pasif, jadi jumlah teman di social networking pun menurun. Orang melihat aplikasi mobile messaging sebagai cara yang lebih cepat untuk berkomunikasi. Kami mengharapkan jumlah pengguna aplikasi mobile messaging ini akan terus tumbuh di kuartal mendatang,” ujar Jason Mandera, Head of Trends GWI di Jakarta, kemarin (26/11/2014).

Salah satu aplikasi sosial WeChat yang telah mengalami pertumbuhan paling signifikan dengan peningkatan pengguna aktif hingga 895 persen, dan 156 persen secara global antara kuartal pertama dan ketiga tahun 2014. Posisi dominan WeChat di arena aplikasi perpesanan ditandai secara signifikan di mana hampir seperempat (23 persen) dari pengguna internet di dunia. Data yang mengejutkan adalah 39 persen terjadi di wilayah APAC yang sekarang aktif menggunakan aplikasi tersebut.

Menurut penelitian GWI, smartphone menjadi perangkat yang sangat penting bagi pengguna internet di Indonesia, di mana 86 persen pengguna online kini memiliki smartphone. Di kuartal tiga tahun 2014 sebanyak 78 persen pengguna internet online menggunakan perangkat mobile, sehingga terjadi pertumbuhan angka penggunaan aplikasi mobile messaging. Aplikasi mobile messaging populer di Indonesia adalah WhatsApp, Facebook Messaging, Line, WeChat, dan Skype.

Check Also

Bedah rumah

Program Bedah Rumah Jadi Primadona Pemda Untuk Perbaiki RTLH Setempat

BEDAH RUMAH – Pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 164

Klik Disini
close-link