Wednesday , 19 February 2020
Home / Indeks Berita / Meneg BUMN Tunjuk Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

Meneg BUMN Tunjuk Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

Zulkifli Zaini
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) menetapkan, mantan Dirut Bank Mandiri, Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama

UMUM – Terjawab sudah teka-teki yang akan jadi bos di perusahaan setrum negara. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) menetapkan Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama dan Amien Sunaryadi menjadi Komisaris Utama. Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan keduanya dengan mempertimbangkan sepak terjang keduanya.

“Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah,” ucap Erick Thohir, Senin (23/12).

BACA JUGA :   Jual Ribuan Unit, SPS Raih Housing Estate Awards

Erick memaparkan PLN bakal memiliki tugas yang berat mulai dari merealisasikan rasio elektrifikasi 100 di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri. Selain itu, para pimpinan PLN ini juga ditugaskan untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik.

Salah satu yang harus dipenuhi PLN adalah pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru. “PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi,” tegas Erick. Amien Sunaryadi adalah wakil ketua KPK periode 2003-2007.

Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile. Sementara itu, Zulkifli lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 13 Januari 1956.

Ia diangkat sebagai Komisaris Independen Bank Permata sesuai hasil RUPSLB bank tersebut pada 26 September 2017 silam. Ia meraih gelar Sarjana di Bidang Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1980.

BACA JUGA :   Mulai Dibangun, IKEA Jakarta Garden City Akan Beroperasi Tahun 2020

Gelar Master of Business Administration diperiolehnya dari Washington University, Amerika Serikat pada 1994. Saat ini, Zulkifli menjabat sebagai Komisaris Independen PT Triputra Agro Persada Group sejak Juni 2013. Zulkifli merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 dan pernah menjadi Dirut Bank Mandiri di 2010-2013.

Di Bank Mandiri Zulkifi menjadi Direktur Comercial Banking Bank Mandiri dan menjabat Dirut Bank Mandiri per Juli 2010 lalu. Zulkifli merupakan Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI). (Artha Tidar)

Check Also

Resmi Beroperasi di Indonesia, Sigfox Bidik Sektor Properti

Resmi Beroperasi di Indonesia, Sigfox Bidik Sektor Properti

BERITA  PROPERTI – Sigfox Indonesia secara resmi mulai beroperasi dengan meluncurkan jaringan 0G untuk Internet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 168

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link