Friday , 18 August 2017
Home » Apa Kabar » Menembus Batas di Tangan Profesional Entrepreneur

Menembus Batas di Tangan Profesional Entrepreneur

61IU1.jpg

Indra Utama, Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank

APA KABAR-Apa kabar pembaca tercinta? Harapan dan doa kami, semoga memasuki semester pertama 2016 ini, seluruh rencana bisnis Anda berjalan sesuai harapan. Dari beberapa perbincangan dengan pelaku usaha dan ekonom, kondisi perekonomian kita sudah mulai membaik. Geliatnya terasa dari transaksi yang mulai memperlihatkan tren menaik, setelah sebelumnya anjlok mencapai 40 persen. Meskipun sejumlah tantangan masih menghadang, teruslah  berupaya untuk terus berikhtiar dan berinovasi.

Tidak mudah bagi sebagian perusahaan untuk tetap mampu meroket di tengah kondisi paceklik. Butuh strategi bertahan dan nafas panjang serta kehadiran para profesional handal yang tak kenal putus asa, apalagi menyerah dalam menggerakan roda perusahaan. Para profesional yang tetap bekerja keras, memiliki etos kerja yang tinggi bahkan terus melakukan inovasi serta terobosan yang kreatif, meski tahu iklim usaha sedang tidak bersahabat dan membuat performance perusahaan menurun.

Profesional ini justru berusaha mempertahankan perusahaan tempat bekerja, seolah-olah perusahaan tersebut milik sendiri. Para profesional yang memiliki semangat entreprenuer inilah yang membuat perusahaan pengembang properti seperti Metland dan lembaga keuangan sepeti Bank BTN tetap survive bahkan terus melejit di tengah masa sulit. Ditangan para profesional entreprenuerlah kedua perusahaan ini terus berkreasi menembus batas.

Menurut Nanda Widya, Presiden Direktur Metland, perusahaannya telah lama merumuskan, bahwa keterbukaan karir ini akan membuat struktur perusahaan berjalan dengan baik,  karena di isi oleh profesional yang bekerja dengan bebas penuh kreatifitas. Semua ini hanya bisa dilakukan oleh para profesional yang berjiwa entrepreneur, meski bekerja dalam sebuah perusahaan. Mereka bukan keluarga atau pemilik perusahaan. Tidak mengherankan jika Metland termasuk perusahaan yang kebal krisis dan tahan banting. Beberapa kali menghadapi kondisi sulit, perusahaan pengembang ini tetap di atas angin.

Selain Metland, lembaga keuangan yang satu ini juga punya performance yang kinclong di tengah sulit. Kinerja saham Bank BTN sepanjang Januari-Desember 2015, mengalami kenaikan hingga 8,7% . Bank BTN menjadi salah satu bank yang mengalami kenaikan saham paling tinggi di tengah tren pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tentunya kenaikan harga saham Bank BTN ini sejalan dengan kinerja positif  keuangan perseroan (Baca Laporan Utama-Red). Kehadiran Maryono di Bank BTN (Sebelumnya Dirut Bank Mutiara–Red) membawa banyak perubahan positif di bank milik BUMN ini.

Tidak berlebihan jika menyebut Maryono adalah profesional berjiwa entreprenuer di Bank BTN. Apa rahasia keberhasilan Maryono melejitkan Bank BTN? Salah satunya adalah transpormasi. “Kenapa kinerja kami tidak menyusut dan lebih maju dari yang lain, karena kami telah melakukan transformasi sejak pertengahan tahun 2013,” kata Maryono dalam wawancara panjangnya kepada redaksi Property&Bank. Maryono bahkan sudah melakukan antisipasi sejak dini. Jika dampak buruk perekonomian global kembali menghantam ekonomi domestik, maka tingkat likuiditas Bank BTN diyakini mampu menopang kondisi terburuk. Melalui transformasi pula, kapitalisasi pasar Bank BTN bakal terkerek naik.

Dalam dinamika turbelensi industri properti dan perbankan saat ini, prestasi Metland dan Bank BTN ini menarik dikupas. Edisi ini, sengaja redaksi menurunkan keduanya untuk  mengetahui lebih dalam bagaimana para profesional entreprenuer ini mampu membuat perusahaan mereka terus melejit menembus batas. Selamat membaca.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*