Monday , 19 November 2018
Breaking News
Home / Gaya Hidup / Menyiasati Ruang Sempit Dengan Pintu Geser

Menyiasati Ruang Sempit Dengan Pintu Geser

Poto : rumah123.com

TIPS&TRIK – Kalau kamu memiliki lahan hunian yang sempit, sebenarnya tidak perlu pusing. Banyak cara untuk menyiasatinya. Kamu bisa membuat pintu kaca yang bisa digeser. Pintu ini tidak akan memakan ruang yang besar saat dibuka dan tutup.

Dikutip dari rumah123.com, hal inilah yang diterapkan oleh Bak Gordon Arquitectos pada sebuah rumah di kawasan Lapa yang berada di ibu kota Portugal, Lisbon. Bak Gordon Arquitectos merupakan biro arsitek yang berkantor di Lisbon. Arsitek Ricardo Bak Gordon menjadi founder firma ini. Bak Gordon Arquitectos mendesain ulang sebuah rumah dengan lantai lima. Rumah ini memiliki lebar yang sempit.

Rumah ini ditempati oleh dua keluarga. Biro arsitek membagi lima lantai ini bisa mengakomodasi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Bak Gordon Arquitectos membuat kolam renang di bagian belakang rumah. Untuk menuju bagian ini, ada dinding yang diubah menjadi dinding dan jendela kaca.

Bagian ini menjadi akses keluar masuk orang serta akses sinar matahari serta sirkulasi udara. Cahaya pun dan udara pun bisa masuk leluasa ke dalam lantai satu rumah yang berisi dapur, ruang makan, dan ruang duduk.

Bagian jendela dan pintu kaca ini juga berbentuk masif atau besar. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara dan sinar matahari bisa maksimal. Kebetulan lebar rumah memang terbatas. Kalau kamu memiliki hunian dengan lahan terbatas, salah satu cara menyiasatinya adalah membuat pintu geser. Pintu seperti ini tidak memerlukan banyak ruang saat digerakkan untuk dibuka tutup.

Nah, mudah bukan untuk menyiasati keterbatasan lahan. Pintu geser jadi solusinya. Tetapi jangan lupa kalau pintu geser ini memiliki masalah klasik pada bagian roda. Kamu harus membuat bagian roda yang kuat ya supaya tidak cepat rusak saat sering dibuka dan ditutup.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*