Sunday , 20 August 2017
Home » Otomotif » MPV Mewah Namun Tetap Efisien

MPV Mewah Namun Tetap Efisien

Jenis mobil MPV merupakan pangsa pasar otomotif terbesar di Indonesia. Penggemar MPV terus berkembang pesat dan meningkat seiring dengan makin ketatnya persaingan di kelas ini.
Mengandalkan merek yang sudah populer, Toyota meluncurkan MPV  bertajuk NAV1 dengan segala kelebihannya. Mobil ini bersaing dengan merek-merek lain seperti Mazda Biante maupun Nissan Serena. Apalagi Nissan Serena yang sudah lebih dulu diluncurkan, membuat NAV1 harus menampilkan keunggulan agar tetap bisa bersaing.
Dari sisi kenyamanan dan fitur, NAV1 sudah cukup teringrasi dengan baik. Toyota yang sudah berpengalaman, meluncurkan NAV1 sebagai pengisi celah antara Kijang Innova dan Alphard. NAV1  merupakan line-up yang dulunya dikenal dengan nama NOAH.
Toyota NAV1 masuk dalam segmen Midsize MPV di Indonesia. Model yang  konservatif dengan mengandalan desain boxy plus atap tinggi. Lampu depan lebih cenderung kotak ditambah sentuhan gril yang sangat elegan, serta bemper yang mampu mengangkat wajahnya menjadi lebih dinamis. Pada bagian buritan terkesan minimalis dengan sentuhan krom dengan tulisan NAV1 membuatnya lebih enak dipandang.
Dengan bermodalkan mesin 3ZR – FAE, berkapasitas 1.987-2000 cc di sokong degan teknologi valvematic yang pertama di Indonesia memiliki fungsi sebagai pengaturan mesin. Diklaim bahwa mesin menghasilkan yang terbaik dan dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang baik.
Kekuatan mesin yang dimiliki dapat menghasilkan tenaga yang sangat responsif. Dari mesin 16 VALVE DOHC dan tersalurkan melalui transmisi CVT- 7 speed shift tronic yang mampu menghasilkan output power hingga 158 Ps di 6,200 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 196 Nm di 4,400 rpm. Bila diperhatikan rasanya tenaga yang dihasilkan cukup menopang bentuk tubuh yang boxy.
Kenyamanan makin terasa tatkala berkendara dengan kondisi stabil dimana indikator Eco pada layar spidometer pun menyala membantu berkendara secara efesien. Jika dilihat dalam  posisi jalan yang mulai sepi, pedal gas pun langsung ditekan habis alias kick down yang spontan membuat putaran mesin makin cepat sehingga mengeluarkan sedikit suara yang keras didalam bonet depan.
NAV1 memang bukan diciptakan sebagai mobil sport yang dituntut mampu mewadahi adrenalin para penggunanya. Walau begitu, secara performa dan tingkat efesiensinya tak terlalu mengecewakan. Di dalam kota dalam posisi stabil NAV1 bisa tembus hingga 8,3 km/l sedangkan saat menempuh perjalanan ke luar kota tingkat konsumsinya mencapai 10,2 km/l, lagi-lagi hal ini tergantung dari cara mengemudinya.
Mesin NAV1 telah ditopang dengan Valvematic Technology yang berfungsi mengatur waktu maupun ukuran buka katup masuk dan katup buang, sehingga memberikan perfoma yang baik dan irit bahan bakar. Dari sisi keselamatan, Toyota pun melengkapi NAV1 cukup lengkap mulai dari ABS, EBD, SRS Airbag didepan dan samping menjadi kelengkapan standar di kedua tipenya.
Salah satu unsur terpenting pada mobil MPV adalah kenyamanan, ruang kabin yang lapang menjadi salah satu kelebihan. Berbekal desain captain seat di baris kedua dengan model jok yang mampu digeser dan juga diputar hingga 60 derajat dan 180 derajat turn action hingga habis menghadap kebelakang memungkinkan NAV1 dibuat untuk ruang rapat berjalan.
Saat memasuki kabin NAV1 memberikan kesan lapang dan lega. Warna abu-abu dan beige tampak mendominasi. Sebagian lingkar kemudi terdapat ornamen kayu termasuk pula pada ujung tuas transmisi (shift-knob) untuk memunculkan aura mewah. Unsur silver juga terlihat pada kemudi dan konsol tengah dan doortrim menambah kesan menarik. Penampilan dashboard sangat menarik dengan menempatkan metercluster pada bagian tengah. Hanya saja pada tipe teratas NAV1 balutan kursi masih fabric belum kulit.
Selain itu, penumpang tak perlu khawatir kepanasan saat menjadi penumpang di baris kedua maupun ke-3. Pasalnya blower AC tersebar rata hingga baris belakang. Ruang kabin juga semakin nyaman dengan penggunaan AC auto dual zone yang bisa diatur suhu udaranya. Penumpang pun semakin dimanjakan dengan hadirnya monitor TV yang tersambung dengan head unit.
Kelebihan lain adalah penggunaan pintu model sliding door, jelas akan memudahkan untuk akses keluar masuk. Pintu ini bisa difungsikan secara otomatis ataupun manual. Bukan hanya itu, NAV1 pun dibekali dengan head unit yang telah dilengkapi dengan navigasi serta layar untuk parkir.
Ragam fitur telah menjadi perangkat standar dari sang Navigator 1 ini. Di dalam kabin, mulai dari Pengaturan AC dual zone climate control, VIP passenger entertainment dengan TV di belakang, desain optitron combination meter sampai dengan hiburan yang ditampung dari audio double-DIN yang memiliki kualitas suara cukup baik dan telah terintegrasi dengan AUX in, USB, DVD juga Bluetooth.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*