Tuesday , May 26 2020
Home / Breaking News / Pemerintah Beri Sentimen Positif, Emiten Properti Optimistis Hingga Akhir Tahun

Pemerintah Beri Sentimen Positif, Emiten Properti Optimistis Hingga Akhir Tahun

Emiten Properti
Pulihnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Indonesia, membuat beberapa emiten properti masih merasa cukup optimistis memandang pasar properti di sisa tahun ini.(poto : topbusiness.id)

EKONOMI – Survei indeks harga properti residensial yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan harga properti menguat terbatas dan diprediksi melambat di kuartal IV-2019. Kabar baiknya, penjualan properti diprediksi membaik setelah sempat tertekan di kuartal II-2019.

Beberapa emiten properti masih cukup optimistis memandang pasar properti di sisa tahun ini. Direktur Independen PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Tulus Santoso melihat pasar di sisa tahun cukup prospektif, terutama beberapa proyek baru yang diluncurkan cukup sukses.

BACA JUGA :   Vier Corp Siapkan Rp 1,5 Triliun Beli Saham Perusahaan Anda

Pada Oktober 2019 lalu, CTRA meluncurkan Citragarden Puri Jakarta, Apartemen di Losari Makassar dan CitraSentul Raya. Dan per Oktober 2019 CTRA memperoleh pendapatan pra-penjualan (marketing sales) sebesar Rp 5,1 triliun. Jumlah tersebut setara dengan 85% dari target tahun ini yang sebesar Rp 6 triliun.

“Ke depan, perusahaan fokus di segmen first home buyer, real demand,” ujar Tulus, ditanya soal strategi menjaga kinerja perusahaan, Kamis (14/11). Sedangkan Direktur PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) Maikel Tanuwidjaja juga memandang sisa tahun ini cukup prospektif.

BACA JUGA :   Pengembang Riau Minta RTRWP Riau Segera Direvisi

“Adanya sentimen pasar yang positif terhadap susunan menteri, dan pulihnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Indonesia saat ini,” ujarnya. Maikel mengatakan hingga saat ini marketing sales perusahaan sudah mencapai 75% dari target yang ditetapkan. POLL menargetkan marketing sales tahun ini sebesar Rp 750 miliar.

POLL kini tengah mengembangkan beberapa properti di kawasan Bekasi dan Cikarang, seperti Gangnam District, bangunan mix-used untuk kalangan millenial di Bekasi Barat. Perusahaan juga akan melaksanakan proses serah terima Chadstone Mall di Cikarang Barat pada akhir 2019 dan ditargetkan resmi beroperasi di awal 2020.

POLL turut membangun City Business District (CBD) bertajuk Technopolis seluas 40 hektare. Perusahaan akan membangun mall, rumah sakit, apartemen dan sentra makanan dan minum. Untuk apartemen, dalam catatan Kontan.co.id, POLL akan membangun 300 unit dengan kisaran harga Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar.

BACA JUGA :   Tawarkan Investasi Properti di Melbourne

Sementara itu, Direktur Keuangan PT PP Properti Tbk (PPRO) Indaryanto justru mengakui kondisi pasar masih cukup menantang terutama karena penurunan suku bunga belum dirasakan oleh perusahaan. “Karena walaupun BI sudah menurunkan tingkat bunga ternyata dalam realisasi di lapangan masih belum ada penurunan, sehingga capaian marketing sales hingga Oktober agak menurun dibanding tahun lalu,” jelas Indaryanto.

Kepala Riset Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaja, melihat seharusnya kondisi pasar properti di kuartal IV akan membaik, terutama karena BI memangkas suku bunga acuan, meskipun tak dipungkiri properti masih menghadapi tantangan perlambatan perekonomian.

“Pasar seharusnya kembali menggeliat, walau mungkin tidak signifikan,” jelas dia. William melihat beberapa saham properti masih cukup prospektif. Dia merekomendasikan PWON dengan target harga hingga akhir tahun Rp 1.060, SMRA Rp 1.635, CTRA Rp 1.320 dan ASRI Rp 565. (Artha Tidar)

Check Also

Cordela Inn Bengkulu

#dirumahaja Ala Cordela Inn Bengkulu, Tawaran Menginap Harga Istimewa 

PERHOTEAN – Beragam paket disiapkan Cordela Inn Bengkulu bagi para tamu selama bulan puasa hingga Idul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 171

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link